Ini Jadwal Misa Tri Hari Suci di Gereja HKTY Ganjuran Bantul

Umat yang sedang sehat diminta tetap gunakan masker

Intinya Sih...

  • Perayaan Pekan Suci umat Katolik dimulai dengan Misa Palma dan berakhir dengan Misa Paskah pada Minggu (31/3/2024).
  • Gereja HKTY Ganjuran tidak lagi menerapkan protokol kesehatan namun tetap menjaga jarak duduk antar umat saat mengikuti misa.
  • Jadwal perayaan Misa Kamis Putih, Jumat Agung, dan Misa Paskah beserta bahasa yang digunakan serta pengamanan internal gereja.

Bantul, IDN Times - Bersamaan dengan umat muslim yang sedang melaksanakan ibadah puasa, umat Katolik pada pekan ini mulai menggelar perayaan pekan suci yang puncaknya akan berlangsung pada Minggu (31/3/2024) yakni perayaan Paskah atau hari kebangkitan Yesus Kristus.

Pekan suci umat Katolik dimulai dengan perayaan Misa Palma yang digelar pada Sabtu-Minggu (24-25/3/2024) kemarin. Selanjutnya, Misa Kamis Putih yang akan berlangsung pada Kamis (28/3/2024), dilanjutkan Misa Jumat Agung atau Wafat Yesus Kristus pada Jumat (29/3/2024), dan puncaknya adalah Sabtu-Minggu (30-31/3/2024) dengan digelarnya misa Paskah.

Seperti gereja Katolik seluruh dunia, Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus (HKTY), Ganjuran Kabupaten Bantul juga bakal menggelar Misa Kamis Putih, Jumat Agung dan Misa Paskah yang dikenal sebagai Tri Hari Suci umat Katolik. Ribuan orang dipastikan akan memadati gereja Katolik dengan umat terbanyak di Kabupaten Bantul ini.

1. Umat yang tidak sehat badannya tetap diminta menggunakan masker

Ini Jadwal Misa Tri Hari Suci di Gereja HKTY Ganjuran BantulMisa Jumat Agung 2023 di Gereja Ganjuran Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Ketua Dewan Paroki Gereja HKTY Ganjuran, Ari Setiawan, mengatakan perayaan misa yang akan digelar di Gereja HKTY Ganjuran tidak lagi menerapkan protokol kesehatan. Sebab pemerintah juga telah mencabut status pandemi COVID-19.

"Kita tidak lagi menerapkan protokol kesehatan namun demikian jarak duduk antar umat tetap masih berlaku. Hal ini untuk menjaga kenyamanan umat saat mengikuti misa. Ya tidak duduk desak-desakan. Panitia nanti yang akan mengaturnya," katanya, Senin (25/3/2024).

2. Jadwal perayaan Misa Tri Hari Suci

Ini Jadwal Misa Tri Hari Suci di Gereja HKTY Ganjuran BantulMisa Jumat Agung 2023 di Gereja HKTY Ganjuran Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Ari menjelaskan untuk jadwal perayaan Misa Kamis Putih yang akan berlangsung pada Kamis (28/3/2024) dilaksanakan pukul 16.00 WIB dengan bahasa Jawa sedangkan pukul 20.00 WIB akan menggunakan bahasa Indonesia.

Sementara untuk misa Jumat Agung pada Jumat (29/3/2024) akan berlangsung pada pukul 15.00 WIB dengan bahasa Jawa dan pada pukul 19.00 WIB menggunakan bahasa Indonesia.

"Perayaan Misa Paskah pada Sabtu (39/3/2024) pada pukul 16.00 WIB dan pada pukul 20.00 WIB dengan menggunakan bahasa Indonesia. Sedangkan pada Minggu (31/3/2024) perayaan Misa Paskah berlangsung pukul 07.00 WIB dengan bahasa Jawa dan pada pukul 10.00 WIB dengan bahasa Indonesia," ucapnya.

"Khusus Misa Paskah pada Minggu (31/3/2024) pukul 10.00 WIB merupakan Misa Paskah untuk anak-anak," tuturnya.

Baca Juga: Saat Ramadan Permintaan Daging Ayam di Bantul Naik Tajam

3. Akan ada sterilisasi gereja oleh pihak kepolisian

Ini Jadwal Misa Tri Hari Suci di Gereja HKTY Ganjuran BantulIlustrasi Detasemen Gegana Polda DIY sterilisasi gereja sebelum ibadah. (IDN Times/Daruwaskita)

Terkait dengan pengamanan Misa Tri Hari Suci, Ari mengaku pengamanan akan dilakukan oleh pengamanan internal gereja dibantu, TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan serta organisasi kemasyarakatan seperti Banser dan yang lainnya.

"Sebelum pelaksanaan Misa Kamis Putih rencananya pihak kepolisian akan melakukan sterilisasi gereja," ucapnya.

Baca Juga: Walhi Yogyakarta Kritisi Penanganan Sampah dengan RDF di DIY

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya