Ma'ruf Amin: Indonesia Jadi Produsen Produk Halal Dunia 2024

Saat ini ada tiga laboratorium rujukan riset halal

Gunungkidul, IDN Times - ‎Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin, meresmikan fasilitas riset pangan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) sebagai laboratorium rujukan riset halal di Indonesia yang berlokasi di Gading, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul pada Jumat (22/4/2022). 

Baca Juga: Ma'ruf Amin: Salat Idul Fitri Boleh Digelar dengan Prokes

1. Laboratorium rujukan riset halal membantu pemerintah dalam layanan produk halal‎

Ma'ruf Amin: Indonesia Jadi Produsen Produk Halal Dunia 2024Wakil Presiden RI, K.H Ma'ruf Amin. (Dok. Kominfo Gunungkidul)

Dalam sambutanya, Ma'ruf Amin mengatakan laboratorium ini nantinya akan menjadi urat nadi yang akan membantu pemerintah dalam usaha meningkatkan layanan produk halal ditengah meningkatnya permintaan produk halal baik dari masyarakat dalam negeri maupun luar negeri.

"Kita berharap laboratorium rujukan riset halal ini akan menjadi pendukung Indonesia menjadi produsen produk halal dunia 2024 mendatang," katanya.

2. Bisa menghasilkan produk halal yang bisa diekspor ke luar negeri‎

Ma'ruf Amin: Indonesia Jadi Produsen Produk Halal Dunia 2024Wapres Ma'ruf Amin meninjau produk halal di fasilitas riset pangan BRIN di Gunungkidul, Jumat (22/4/2022). (Dok. Diskominfo Gunungkidul)

Menurut Ma'ruf, fasilitas riset pangan BRIN sebagai laboratorium rujukan riset halal diharapkan dapat mendukung baik sisi industri riset dan penelitian serta substitusi produk impor. Utamanya dalam menggantikan produk non halal dengan produk halal yang banyak ditemukan di Indonesia.

"Melalui riset, penelitian produk non halal contohnya babi bisa digantikan dengan produk halal yang bahan bakunya banyak didapat di berbagai daerah di Indonesia," ungkapnya.

Setelah fasilitas riset pangan diresmikan BRIN yang ada di wilayah Gunungkidul ini menjadi mampu menghasilkan produk halal yang bisa diekspor untuk mencukupi permintaan produk halal dunia.

"Yang paling penting memastikan kemanfaatan kesesuaian hasil riset dengan kebutuhan industri. Hasil riset yang dihasilkan juga mampu menginspirasi para pemuda sebagai peneliti muda," tuturnya.

3. Laboratorium rujukan riset halal memiliki dua target utama‎

Ma'ruf Amin: Indonesia Jadi Produsen Produk Halal Dunia 2024Kepala BRIN Laksana Tri Handoko memberikan keterangan pers. (yotube.com/Sekretariat Presiden)

Sementara Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko, mengatakan fasilitas riset pangan sebagai laboratorium rujukan riset halal ini memiliki dua target utama yakni substitusi dan deteksi. Substitusi dilakukan pada produk yang diragukan kehalalannya serta deteksi kehalalan yang dapat dilakukan melalui DNA maupun aroma.

"Menjadi pemain aktif di produk halal dunia diperlukan riset yang cukup canggih, sumber daya manusia yang unggul dan infrastruktur memadai. Sehingga dalam pengembangan ini kita bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia," katanya.

Laboratorium rujukan riset halal ini di Indonesia ini nantinya juga akan melayani sektor usaha yang dikelola pihak swasta. BRIN berkomitmen meningkatkan daya saing produk sebagai pelaku riset baik UMKM, komunitas maupun individu.

"Hingga saat ini BRIN telah menyediakan tiga laboratorium yang dilengkapi dengan instrumen penelitian canggih guna mendukung riser pangan halal di Indonesia. Ketiga laboratorium berada di Cibinong, Serpong dan Playen Gunungkidul," ujarnya.‎

Baca Juga: Ma'ruf Amin: Kuota Haji 100.051 untuk Indonesia Patut Disyukuri

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya