Comscore Tracker

Imbas Hujan Lebat, Sampah Kotori Pantai di Bantul

Bikin wisatawan tidak nyaman melihat keindahan laut

Bantul, IDN Times - ‎Hujan lebat yang mengguyur beberapa hari terakhir ini di Yogyakarta menyebabkan sampah menumpuk di sepanjang Pantai Depok, Kabupaten Bantul. Kondisi ini mengurangi kenyamanan wisatawan ketika berkunjung ke pantai.

1. Beberapa terakhir ini sampah penuhi Pantai Depok‎

Imbas Hujan Lebat, Sampah Kotori Pantai di BantulDardi Nugroho nelayan sekaligus pemilik rumah makan salsabila II Pantai Depok. (IDN Times/Daruwaskita)

Salah satu pemilik warung makan seafood Pantai Depok, Dardi Nugroho, membenarkan pascahujan lebat, banyak sampah yang menumpuk di sepanjang pantai. 

"Sampah yang dibawa dari sungai menuju laut kemudian disapu gelombang menuju tepian pantai sehingga pantai dipenuhi dengan sampah," katanya, Minggu (19/2/2022).

Menurutnya, sampah terbanyak adalah ranting, batang kayu, bambu hingga sampah plastik. Butuh waktu beberapa hari ini membersihkan sampah yang hampir merata di seluruh bibir pantai.

"Tentu ini mengganggu kenyamanan wisatawan, namun bagaimana lagi. Alam tidak bisa dilawan," katanya.

Baca Juga: Pengelola Obwis Bantul Diminta Waspadai Puncak Musim Hujan

2. Butuh waktu bagi petugas kebersihan untuk membersihkan sampah di pantai‎

Imbas Hujan Lebat, Sampah Kotori Pantai di BantulIlustrasi PHL sedang membersihkan sampah di Pantai Parangtritis. (Dok. Diskominfo Bantul)

Dardi menambahkan, petugas kebersihan yang ada jumlahnya terbatas, sehingga tidak mungkin membersihkan sampah yang ada di hampir seluruh bibir Pantai Depok.

"Biasanya para pemilik warung seafood yang berada di pinggir pantai juga turut membersihkan sampah yang ada di depan warungnya," ungkapnya.

"Ya butuh beberapa hari lagi agar pantai bersih namun ketika hujan lebat sampah akan naik lagi dari laut ke pantai," tambahnya lagi.

3. Hampir semua pantai di Bantul saat ini banyak sampah ‎

Imbas Hujan Lebat, Sampah Kotori Pantai di BantulIlustrasi membersihkan sampah di pantai. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Kasi Promosi dan Informasi Data, Dinas Pariwisata, Kabupaten Bantul, Markus Purnomo Adi, mengatakan tidak hanya Pantai Depok yang banyak sampah. Pantai Parangtritis dan pantai lainnya di Bantul saat ini juga sampah.

"Hampir semua pantai di Bantul saat banyak sampah yang dibawa gelombang menuju pantai," ujarnya.

Menurutnya, hujan lebat yang menyebabkan aliran sungai deras membawa berbagai sampah menuju laut. Kemudian, sampah tersebut terbawa gelombang ke pantai, sehingga pantai penuh dengan sampah.

"Ya butuh waktu untuk membersihkan semua sampah. Ini kejadian alam dan sering sekali terjadi sampah dari laut terbawa gelombang ke pantai. Apalagi saat ada hujan lebat," ungkapnya.‎

Baca Juga: Hujan Lebat di Bantul Sebabkan Tanah Longsor di 12 Titik

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya