Hujan Lebat Disertai Angin di Bantul, Pohon Tumbang hingga Atap Kabur

Listrik padam di seputaran pantai selatan Bantul

Intinya Sih...

  • Hujan lebat dan angin kencang membuat pohon tumbang dan menimpa jaringan listrik serta atap rumah warga.
  • Tumbangnya pohon randu di wilayah selatan Jembatan Merah mengakibatkan padamnya aliran listrik di sekitar pantai selatan Bantul.
  • Petugas melakukan evakuasi pohon tumbang di beberapa lokasi, termasuk Jalan Ring Road Selatan, untuk mengatasi terhambatnya arus lalu lintas.

Bantul, IDN Times - Hujan lebat disertai angin kencang pada Sabtu (9/3/2024) dari siang hingga sore hari mengakibatkan pohon tumbang dan menimpa jaringan listrik. Atap rumah milik warga yang berbahan seng atau asbes juga sampai beterbangan.

1. Pohon tumbang timpa jaringan listrik dan telepon

Hujan Lebat Disertai Angin di Bantul, Pohon Tumbang hingga Atap KaburIlustrasi pohon tumbang timpa jaringan listrik dan telepon.(Dok.Istimewa)

Pohon tumbang yang menimpa jaringan listrik dan telepon terjadi di wilayah selatan Jembatan Merah, Jalan Samas, Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden. Tumbangnya pohon randu yang tingginya mencapai lebih dari 20 meter membuat aliran listrik di sekitar pantai selatan, terutama di Pantai Samas dan sekitarnya, padam.

"Sejak pukul 15.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB listrik belum menyala," kata Yunianto salah satu warga Padukuhan Tegalrejo, Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden, Sabtu (9/3/2024) malam.

Menurutnya, pohon yang tumbang dan menimpa jaringan listrik dan telepon belum berhasil dievakuasi, memerlukan alat berat karena ukurannya yang besar dan tingginya.

"Warga yang mau komunikasi melalui gawai juga susah sinyal karena listrik mati," ucapnya.

2. Atap rumah beterbangan

Hujan Lebat Disertai Angin di Bantul, Pohon Tumbang hingga Atap Kaburilustrasi atap (unsplash.com/David Cashbaugh)

Sementara itu, Juminem, seorang warga Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, menyampaikan bahwa atap seng di teras rumahnya terbang akibat hujan dan angin kencang.

"Kebetulan atap seng itu ada di teras. Saat hujan dan angin kencang kabur," ucapnya.

Baca Juga: Cegah Penularan Antraks, Bantul Perketat Pemeriksaan Ternak     

3. Pohon tumbang di Jalan Ring Road Selatan Sewon Bantul

Hujan Lebat Disertai Angin di Bantul, Pohon Tumbang hingga Atap KaburPohon tumbang di Jalan Ring Road Selatan Sewon Bantul.(Dok.Polres Bantul)

Sementara itu, jajaran Polsek Sewon bersama dengan petugas SAR dan masyarakat melakukan evaluasi terhadap pohon yang tumbang di Jalan Ring Road Selatan, tepatnya di Padukuhan Tegal Krapyak, Kalurahan Panggungharjo, Kapanewon Sewon.

Pohon yang tumbang tersebut menyebabkan terhambatnya arus lalu lintas, dan petugas terpaksa melakukan rekayasa jalan untuk mengatasi situasi tersebut.

"Pohon yang tumbang kemudian berhasil dievakuasi dan arus lalu lintas kembali normal," ujar Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry.

Baca Juga: Jelang Ramadan Satpol PP Bantul Gencarkan Razia Miras

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya