Hujan Lebat dan Angin Kencang di Bantul, 51 Pohon Tumbang

Pohon tumbang timpa rumah hingga jaringan listrik

Bantul, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul menyebut hingga Jumat (19/1/2024), terdapat 50 pohon tumbang akibat hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi dalam dua hari terakhir.

1. Terjadi di 14 kapanewon

Hujan Lebat dan Angin Kencang di Bantul, 51 Pohon TumbangKepala Pusdalops, BPBD Bantul, Aka Luk Luk Firmansyah.(IDN Times/Daruwaskita)

Kepala Pusdalops, BPBD Bantul, Aka Luk Luk Firmansyah mengatakan 51 pohon tumbang tersebut terjadi di 14 kapanewon dan tersebar di 27 kalurahan. "Akibat pohon tumbang menyebabkan sejumlah rumah warga rusak tertimpa pohon hingga jaringan listrik rusak," ungkapnya pada Jumat (19/1/2024).

2. Jumlah pohon tumbang dimungkinkan masih bertambah

Hujan Lebat dan Angin Kencang di Bantul, 51 Pohon TumbangHujan lebat disertai angin kencang di Bantul, puluhan pohon tumbang.(Dok.Polres Bantul)

Jumlah titik pohon tumbang dimungkinkan masih bertambah, saat ini tim masih melakukan pendataan termasuk membersihkan pohon yang tumbang bersama tim SAR.

"Yang jelas tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun ada pengendara yang mengalami luka-luka ringan akibat menabrak pohon yang tumbang. Untuk kerugian material diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah," imbuhnya.

Baca Juga: Plafon Kelas SDN di Bantul Runtuh, 3 Murid Dilarikan ke Puskesmas

3. Hujan lebat masih berpotensi terjadi hingga pekan depan

Hujan Lebat dan Angin Kencang di Bantul, 51 Pohon TumbangHujan lebat disertai angin kencang di Bantul, puluhan pohon tumbang.(Dok.Polres Bantul)

Sesuai informasi BMKG, potensi hujan lebat akan terjadi hingga 23 Januari. Masyarakat diminta lakukan mitigasi bencana di wilayahnya masing-masing seperti menebang pohon yang usianya sudah tua, dan memangkas ranting agar tidak tumbang saat terjadi hujan dan angin kencang.

"Pastikan saluran air disekitar rumah dalam kondisi bersih sehingga bisa menghindari air meluap hingga terjadinya banjir," tuturnya. 

Baca Juga: Pengendara Motor Tewas Tertabrak Kereta Api di Sedayu Bantul

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya