Hari Pertama Lebaran, 8 Ribu Wisatawan Kunjungi Tempat Wisata Bantul

Jumlah kunjungan wisatawan bulan April 2022 turun drastis

Bantul, IDN Times - ‎Dinas Pariwisata Bantul menyebut jumlah kunjungan wisatawan di bulan April 2022 mencapai 46.876 orang. Jumlah ini menambah perolehan pendapatan asli daerah (PAD) mencapai Rp455 juta. 

1. Jumlah kunjungan bulan April lebih rendah dibandingkan Maret

Hari Pertama Lebaran, 8 Ribu Wisatawan Kunjungi Tempat Wisata BantulKepala Seksi Promosi dan Pelayanan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi. (dok. istimewa)

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Informasi, Dinas Pariwisata Bantul, Markus Adi Purnomo menyebut jumlah kunjungan ini lebih rendah dibanding bulan Maret. 

"Ya karena bulan puasa kunjungan wisatawan menurun drastis dan ini terjadi di semua daerah tujuan wisata," katanya, Selasa (3/5/2022).

Di bulan Maret 2022, jumlah wisatawan mencapai 200.528 orang dengan perolehan pendapatan asli daerah Rp1,9 miliar.

2. Hari pertama Lebaran, 8 ribu wisatawan berkunjung ke Bantul‎

Hari Pertama Lebaran, 8 Ribu Wisatawan Kunjungi Tempat Wisata BantulIlustrasi wisatawan di Pantai Parangtritis. IDN Times/Daruwaskita

Pria yang akrab disapa Ipung ini mengaku kunjungan wisatawan diharapkan meningkat saat libur Lebaran. Walau tidak mempersiapkan acara khusus, jumlah wisatawan yang datang di hari pertama Lebaran mencapai 8 ribu orang. 

"Kunjungan pada hari pertama Lebaran masih dalam kisaran 8.000 ribu wisatawan. Hari pertama dan kedua Lebaran, biasanya masih dimanfaatkan masyarakat untuk bersilaturahmi sehingga kenaikan wisatawan belum signifikan," ucapnya.

 

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Yogyakarta yang Buka saat Lebaran, Healing Sepuasnya!

3. Dispar Bantul targetkan kunjungan wisatawan capai 150 ribu orang

Hari Pertama Lebaran, 8 Ribu Wisatawan Kunjungi Tempat Wisata BantulJembatan Kretek 2 yang dibuka selama libur Lebaran bikin penasaran warga.(IDN Times/Daruwaskita)

Ipung menambahkan Dispar Bantul menargetkan kunjungan wisatawan saat libur dan cuti Lebaran bisa mencapai 150 ribu wisatawan. Target pendapatan asli daerah diprediksi mencapai Rp1,5 miliar.

"Target kunjungan wisatawan selama bulan Mei ditergetkan 350 ribu wisatawan dengan target pemasukan PAD mencapai Rp3,5 miliar,"ucapnya.‎

Baca Juga: 6 Hotel Pet Friendly di Yogyakarta, Harganya Mulai 100 Ribuan!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya