Hari Kesehatan Mental Dunia, Ini yang Dilakukan UMY

Mahasiswa tak perlu malu konsultasi kesehatan mental

Bantul, IDN Times - ‎Memperingati Hari Kesehatan Mental Dunia yang diperingati setiap tanggal 10 Oktober, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar kampanye pentingnya menjaga kesehatan mental di kalangan civitas akademika UMY.

1. Gelar acara jalan sehat hingga screening kesehatan mental

Hari Kesehatan Mental Dunia, Ini yang Dilakukan UMYMahasiswa dan dosen UMY peringatan Hari Kesehatan Mental Dunia.(Dok.Humas UMY)

Kepala Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) UMY, Rifki Febriansah mengatakan kegiatan yang dilakukan adalah jalan sehat, screening kesehatan mental hingga penyampaian materi terkait kesehatan mental.

"Tahun kemarin kita gelar acara yang sama namun tidak sebesar tahun ini. Dengan konsep baru ini kami mencoba memperingati Hari Kesehatan Mental Dunia dengan jangkauan lebih luas di kalangan mahasiswa dan dosen sehingga kesadaran untuk menjaga kesehatan baik mental, jasmani maupun rohani semakin meningkat," katanya, Selasa (10/10/2023).

2. StuWeSS dapat mengawasi kesehatan mental mahasiswa‎

Hari Kesehatan Mental Dunia, Ini yang Dilakukan UMYMahasiswa dan dosen UMY peringatan Hari Kesehatan Mental Dunia.(Dok.Humas UMY)

LPKA UMY memiliki layanan konseling bernama Student Wellness and Support Service (StuWeSS), sangat penting bagi untuk melakukan pengawasan mental khususnya bagi mahasiswa. 

"Kesehatan mental menjadi salah satu faktor yang dapat menentukan kesuksesan mahasiswa dari awal masa studi hingga lulus nanti," ucapnya.

Hari Kesehatan Mental Dunia kata Rifki, menjadi momentum bagi UMY untuk meningkatkan kesadaran terhadap seluruh civitas akademika agar dapat saling menjaga dan memperhatikan kondisi fisik dan psikis mahasiswa dan dosen.

"Saya berharap civitas akademika UNY terutama mahasiswa dapat terus secara rutin memeriksakan kesehatan mental melalui StuWeSS sebagai layanan konseling," katanya.

Baca Juga: Ada Rizky Febian di Acara Muda Mendunia Festival (MMFest) di UMY

3. Mahasiswa tak perlu malu lakukan konsultasi mental‎

Hari Kesehatan Mental Dunia, Ini yang Dilakukan UMYMahasiswa baru UMY ikuti pembukaan masa taaruf di Sportorium UMY. (IDN Times/Daruwaskita)

Mahasiswa, menurut Rifki tidak perlu malu untuk bercerita hal-hal yang ingin dibicarakan, dengan cara menghubungi langsung tim konselor sebaya yang terdiri dari mahasiswa senior sebagai kakak tingkat.

"Pelayanan konseling juga kami buka setiap hari sehingga lebih memudahkan mahasiswa dalam berkonsultasi," ucapnya.‎

Baca Juga: Mahasiswi Kampus Swasta di Bantul Tewas di Halaman Asrama

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya