Harga Beras di Bantul Masih Selangit, Pedagang Mengeluh

Beras kelas medium di atas Rp16 ribu per kilogram

Bantul, IDN Times - Pemerintah mengklaim harga beras mulai mengalami penurunan harga. Namun, dalam pantauan di pasar-pasar tradisional di Kabupaten Bantul, Kamis (29/2/2024), harga beras masih tinggi. Beras medium yang dipasok oleh petani atau tempat penggilingan padi masih di atas Rp16 ribu per kilogram.

1. Harga beras lokal kelas medium di atas Rp16.500 per kilogram

Harga Beras di Bantul Masih Selangit, Pedagang MengeluhIlustrasi beras kemasan. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Salah satu pedagang beras di Pasar Gathak, Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, Anang, mengaku mendapatkan pasokan beras dari petani yang menggilingkan padi hasil panen atau tempat penggilingan padi.

"Harga beras dari penggilingan padi mencapai Rp15.500 per kilogramnya. Itu untuk beras varietas padi lokal seperti Ciherang, C4 dan sejenisnya," ucapnya, Kamis (1/4/2024).

Ketika beras sampai ke konsumen, harganya sudah mencapai Rp16.500 per kg. Pedagang sendiri tidak memiliki beras Bulog ketika Bulog tidak menggelar operasi pasar.

"Kalau masyarakat itu tidak suka beras Bulog karena rasanya kurang enak, kurang pulen," ungkapnya.

2. Harga beras kelas premium di atas Rp17.500 per kilogram

Harga Beras di Bantul Masih Selangit, Pedagang MengeluhIlustrasi pedagang beras (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Sementara, beras kelas premium yang ditanam oleh petani lokal seperti varietas Mapan atau Supadi, harga per kilogram dari petani atau tempat penggilingan sudah di atas Rp16 ribu per kg. Oleh karenanya, ketika sampai konsumen harganya sudah mencapai Rp17.500 per kg.

"Itu saja sekarang untuk mencari beras jenis tersebut di penggilingan padi atau di petani sudah sulit. Hasil panen sebagian besar untuk konsumsi sendiri," tandasnya.

Baca Juga: Pedagang Pasar di Yogyakarta Sebut Harga Beras Masih Tinggi

3. Beras Bulog sampai ke pasar jika ada operasi pasar beras murah saja

Harga Beras di Bantul Masih Selangit, Pedagang MengeluhPotret antrian beli beras murah SPHP.( IDN Times/ Riyanto)

Sementara, salah satu pedagang beras di Pasar Tradisional Bantul Kota, Yusuf Margianto, mengatakan harga beras sampai hari ini masih tinggi. Bahkan untuk beras premium seperti Raja Lele, Mapan, dan Supadi masih dalam kisaran Rp18 ribu per kg. Sedangkan beras kelas medium masih diatas Rp16 ribu per kg.

"Kalau beras dari Bulog sama sekali tidak ada. Pedagang mendapat pasokan beras dari petani, penggilingan dan juga distributor," ucapnya.

Menurut dia, harga beras yang tak kunjung turun sangat dikeluhkan para pedagang. Sebab, konsumen jadi mengurangi pembelian.

"Toh kalau ada operasi pasar beras murah bukan ditujukan kepada pedagang namun langsung ke konsumen sehingga beras di tingkat pedagang juga tidak turun," ucapnya.

Baca Juga: DIY Panen Raya Beras Bulan April-Mei, Berharap Mampu Turunkan Harga

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya