Comscore Tracker

Harga Ayam Broiler Jatuh dan Dibagi Gratis, Pedagang Tidak Terpengaruh

Pihak peternak ayam yang paling dirugikan‎

Bantul, IDN Times - Bagi-bagi ribuan ayam gratis yang dilaksanakan oleh Asosiasi Peternak Ayam Yogyakarta (APAYO) sebagai bentuk protes harga ayam broiler yang jatuh titik terendah yaitu Rp7 ribu hingga Rp8 ribu per kilogram ternyata tak berdampak terhadap para pedagang daging ayam broiler di pasar tradisional yang ada di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

1. Harga daging ayam broiler di pasaran masih berkisar Rp25 ribu per kilogram‎

Harga Ayam Broiler Jatuh dan Dibagi Gratis, Pedagang Tidak TerpengaruhIDN Times/Daruwaskita

Salah seorang pedagang daging ayam broiler di Pasar Tradisional Bantul Kota, Utami mengatakan harga daging ayam broiler diakui terus menurun harganya dari Rp36 ribu per kilogram saat Lebaran saat ini harganya jatuh di kisaran Rp25 ribu per kilogram.

"Jatuh lebih dari 10 ribu perkilogramnya dan merupakan harga terendah dalam 10 tahun terakhir ini," katanya, Rabu (26/6).

Baca Juga: Bagi-bagi Ayam Gratis di Yogyakarta Berujung Ricuh

2. Harga turun, permintaan daging ayam broiler stabil namun cenderung turun

Harga Ayam Broiler Jatuh dan Dibagi Gratis, Pedagang Tidak TerpengaruhIDN Times/Holy Kartika

Pedagang asal Segoroyoso, Kecamatan Pleret ini mengaku meski harga daging ayam broiler turun namun permintaan stabil bahkan cenderung turun.

"Saya sehari biasanya menjual 40 sampai 45 ekor ayam broiler yang sudah dibersihkan bulunya, saat ini permintaan justru turun di bawah 40 ekor ayam daging ayam broiler," ungkapnya.

3. Pedagang daging ayam tetap raup keuntungan‎

Harga Ayam Broiler Jatuh dan Dibagi Gratis, Pedagang Tidak TerpengaruhIDN Times/Daruwaskita

Terkait dengan turunnya harga, Utami mengaku pedagang sama sekali tak merugi karena harga yang rendah maka pedagang juga mengambil dengan rendah.

"Paling ambil keuntungan sekitar Rp1.000 hingga Rp2.000 per kilogramnya," ungkapnya.

"Jadi yang rugi adalah peternak dan yang sangat rugi adalah perusahaan yang bekerja sama dengan peternak karena menanggung semuanya dari bibit ayam, pakan hingga obat-obatan," tambahnya lagi.

4. Perbedaan harga di tingkat peternak dan pedagang menjadi tanda tanya

Harga Ayam Broiler Jatuh dan Dibagi Gratis, Pedagang Tidak TerpengaruhIDN Times/Daruwaskita

Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Bantul, Pulung Hariyadi mengatakan mengaku heran dengan turunnya harga daging ayam broiler yang sangat drastis namun demikian harga di tingkat pedagang daging ayam di pasaran masih terbilang normal.

"Kalau saja harga ayam broiler hidup di tingkat peternak harga Rp 7 ribu perkilogramnya maka tidak mungkin harga daging ayam broiler di pasaran diatas Rp 20 ribu, mungkin hanya Rp 15 ribu per kilogramnya," katanya.

"Ya belum punya jawaban itu yang satu itu. Nanti ndak salah kalau saya jawab," ungkapnya.

Peternak ayam broiler di Bantul hampir 90 persen merupakan merupakan peternak yang menggunakan sistem kemitraan dimana peternak mendapatkan bibit ayam, pakan hingga obat-obatan dari perusahaan dan peternak akan dapat untung jika harga jual ayam tinggi. Jika rendah maka keduanya sama-sama rugi.

"Kalau asoisasi peternak ayam broiler di Bantul memberi informasi bahwa harga ayam hidup broiler per kilogramnya masih di kisaran Rp 10 ribu dan dengan harga itu peternak tetap merugi. Apalagi Rp7 ribu pasti sangat rugi," pungkasnya.‎

Baca Juga: Harga Daging Ayam Anjlok, Peternak Diminta Efisiensi Skala Produksi

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You