Hadapi Cuaca Ekstrem, Kantor Basarnas Yogyakarta Siagakan 77 Personel

Personel Basarnas Yogyakarta siaga selama 24 jam‎

Bantul, IDN Times - Untuk mengantisipasi cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi di DI Yogyakarta pada tanggal 1-7 Januari 2020 yang akan datang, Badan SAR Nasional (Basarnas) Yogyakarta menyiagakan tak kurang dari 77 personelnya.

1. Sebanyak 77 personil siagakan antisipasi cuaca ekstrim di DIY‎

Hadapi Cuaca Ekstrem, Kantor Basarnas Yogyakarta Siagakan 77 PersonelKantor Basarnas Yogyakarta Simulasi Latihan Personil Kantor Basarnas Yogyakarta. IDN Times/Humas Kantor Basarnas Yogyakarta

Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta, L Wahyu Efendi mengatakan personel akan disiapsiagakan selama 24 jam. Selain itu, sejumlah peralatan milik Basarnas juga siap diterjunkan mana kala terjadi bencana mulai dari banjir, tanah longsor, hingga angin kencang yang menyebabkan pohon tumbang.

"Petugas akan kita siagakan di 2 pos siaga yakni di Gunungkidul dan Congot Kulon Progo. Selain itu juga di kantor Basarnas Yogyakarta sendiri," ujarnya, Jumat (3/1).

2. Unit Siaga dilengkapi peralatan rescue‎

Hadapi Cuaca Ekstrem, Kantor Basarnas Yogyakarta Siagakan 77 PersonelPeralatan rescue milik Kantor Basarnas Yogyakarta. IDN Times/Kantor Basarnas Yogyakarta

Peralatan yang disiapkan Basarnas Yogyakarta meliputi rescue truck, truk personel, perahu karet, perahu rafting amphibius, spider escavator, hugglund serta mobil komunikasi. Sementara, pada unit siaga Gunungkidul disiapkan 1 unit rescue Car yang di dalamnya terdapat peralatan ekstrikasi dan perahu karet.

"Untuk unit siaga Congot Kulon Progo, disiapkan peralatan seperti kendaraan rescue carrier, perahu karet dan mobil water pump treatment yang dapat mengubah air sungai menjadi air layak minum," terangnya.

Wahyu menjelaskan Kantor Basarnas Yogyakarta akan selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan TNI, Polri, Pemda DIY, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY maupun kabupaten-kota, Tagana serta potensi SAR lainnya di wilayah DIY.

3. Masyarakat bisa langsung menghubungi Kantor Basarnas Yogyakarta‎

Hadapi Cuaca Ekstrem, Kantor Basarnas Yogyakarta Siagakan 77 PersonelIDN Times/M. Idris

Lebih lanjut, Wahyu berpesan bagi masyarakat yang melihat atau mendapatkan informasi terkait bencana dan membutuhkan pertolongan dari Basarnas Yogyakarta bisa menghubungi nomor telepon (0274) 6498080.

"Semakin cepat masyarakat melapor maka semakin cepat pula kami datang untuk memberikan bantuan pelayanan SAR," pungkasnya. ‎

Baca Juga: 30 Personel SAR Disiagakan di Pantai Gua Cemara dan Pantai Baru

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya