Habiskan Dana Rp364 Miliar, Jokowi Resmikan Jembatan Kretek 2 Bantul 

Jembatan untuk membantu masyarakat atasi masalah ekonomi

Bantul, IDN Times - ‎Presiden Joko Widodo hari ini, Jumat (2/6/2023) meresmikan Jembatan Kretek 2 yang menghubungkan Pantai Samas dan Parangtritis.

1. Dana untuk pembangunan jembatan Kretek 2 menghabiskan RP364 miliar

Habiskan Dana Rp364 Miliar, Jokowi Resmikan Jembatan Kretek 2 Bantul Jembatan Kretek 2 Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Jokowi mengatakan dalam tujuh tahun terakhir pemerintah terus mempercepat pembangunan infrastruktur baik jalan tol, jembatan, bendungan, bandara, pelabuhan dan infrastruktur lainnya untuk membantu masyarakat mengatasi berbagai permasalahan yang berkaitan dengan daya saing, percepatan ekonomi daerah dan pemerataan pembangunan.

"Dan hari ini alhamdulilah, kita meresmikan Jembatan Kretek 2 yang menyeberang sungai Opak sepanjang 556 meter dan memiliki empat jalur. Dibangun dengan biaya Rp364 miliar di Jalur jalan Lintas Selatan (JJLS)," ujarnya.

2. JJLS di DIY menyisakan pembangunan sepanjang 14 kilometer‎

Habiskan Dana Rp364 Miliar, Jokowi Resmikan Jembatan Kretek 2 Bantul Pembangunan JJLS di Kecamatan Girisubo, Gunungkidul di tahun 2019. (IDN Times/Febriana Sinta)

Di Jalur Jalan Lintas Selatan, kata Jokowi untuk pembangunan pembangunan di Provinsi Jawa Barat sudah selesai 100 persen, hal yang sama terjadi di Jawa Tengah, sedangkan  di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih kurang 14 kilometer dan Jawa Timur menyisakan sepanjang 24 kilometer.

"Insya allah pada tahun 2023 ini seluruh pembungan JJLS  selesai," ungkapnya.

Baca Juga: Pesona Jembatan Kretek 2, Siap Diresmikan Presiden Joko Widodo

3. JJLS mendekati selesai, proses pengiriman barang makin lancar

Habiskan Dana Rp364 Miliar, Jokowi Resmikan Jembatan Kretek 2 Bantul Presiden Joko Widodo resmikan Jembatan Kretek 2 Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Mendekati penyelesaian pembangunan JJLS, Jokowi berharap tiga jalur di Pulau Jawa yakni selatan, tengah dan utara makin lancar untuk proses transportasi pengiriman logistik dan daya saing produk akan semakin baik.

Baca Juga: Santap Bakmi di Warung Pele Jogja, Jokowi Pesan 100 Porsi 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya