Festival Perahu Naga di Laguna Pantai Depok Kurang Diminati Wisatawan

Puluhan perahu hias turut ramaikan Festival Perahu Naga‎

Bantul, IDN Times - Festival Perahu Naga yang digelar di Laguna Pantai Depok, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul tampaknya kurang menarik minat daya tarik wisatawan untuk datang ke Laguna Pantai Depok.

Dari pantauan IDN Time, kawasan Laguna Pantai Depok memang cukup ramai namun keramaian lebih banyak diisi oleh atlet peserta lomba dayung perahu naga dan kru. 

"Kali ini Festival Perahu Naga terbilang sepi tak mampu menarik untuk datang ke Laguna Pantai Depok," kata Mugari salah satu pemilik kapal hias dari Pantai Samas, Minggu (23/6).

Baca Juga: Ada Penari Tepas Kridhamardawa di Balik Flash Mob Malioboro

1. Lebih dari 20 perahu hias yang disiapkan meramaikan Festival Perahu Naga‎

Festival Perahu Naga di Laguna Pantai Depok Kurang Diminati WisatawanIDN Times/Daruwaskita

Mugari mengatakan lebih dari 20 kapal jukung milik nelayan Pantai Samas yang dikerahkan untuk meramaikan lomba dayung perahu naga di Laguna Pantai Depok.

"Hampir semua perahu milik nelayan Pantai Samas, sedangkan perahu nelayan Pantai Depok hanya hitungan jari yang ikut memeriahkan lomba dayung perahu naga di Laguna Pantai Depok," katanya ditemui di Laguna Pantai Depok.

2. Pemilik perahu hias diberi kompensasi dana Rp 750 ribu‎

Festival Perahu Naga di Laguna Pantai Depok Kurang Diminati WisatawanIDN Times/Daruwaskita

Setiap perahu jukung kata Mugari sudah dihias oleh panitia lomba dayung perahu naga dan setiap perahu jukung diberi kompensasi senilai Rp 750 ribu.

"Perahu sudah dihias dan kita tinggal mengeluarkan biaya untuk BBM saja," ujarnya.

"Anggaran tahun ini turun dibandingkan tahun 2018 kemarin karena setiap perahu nelayan diberi kompensasi biaya Rp 1 juta,"tambahnya lagi.

3. Festival Perahu Naga untuk menarik wisatawan berkunjung ke Laguna Pantai Depok‎

Festival Perahu Naga di Laguna Pantai Depok Kurang Diminati WisatawanIDN Times/Daruwaskita

Festival Perahu Naga kata Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Bantul, Kwintarto Heru Prabowo merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata DIY bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul,  salah satu tujuannya untuk menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Laguna Pantai Depok dan obyek wisata pantai sekitar Laguna Pantai Depok.

Baca Juga: Putri Mantan Pemain PSS Sleman Ditemukan Tewas di Pantai Trisik 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya