Dispar Bantul Usulkan Tambah 20 Petugas Kebersihan Pantai

Upaya cegah tumpukan sampah di kawasan wisata pantai

Bantul, IDN Times - Untuk mengantisipasi akumulasi sampah di objek wisata yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Bantul, Dinas Pariwisata telah mengajukan usulan penambahan 20 petugas kebersihan. Penambahan ini direncanakan untuk ditempatkan di objek wisata pantai selatan Bantul.

1. Usul juga untuk penambahan alat pengolahan sampah

Dispar Bantul Usulkan Tambah 20 Petugas Kebersihan PantaiKepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo (kiri). IDN Times/Daruwaskita

Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, menjelaskan bahwa langkah mereka tidak hanya sebatas mengusulkan penambahan petugas kebersihan di objek wisata pantai, melainkan juga mengusulkan penambahan alat pengolahan sampah.

"Yang jelas penambahan 20 petugas kebersihan pantai akan dibagi di dua lokasi," ujarnya, Kamis, (10/8/2023)

2. Lokasi penempatan petugas kebersihan pantai

Dispar Bantul Usulkan Tambah 20 Petugas Kebersihan Pantaibob.kemenpar.go.id

Menurut Kwintarto, rencananya sebanyak 10 petugas kebersihan akan ditempatkan di kawasan Pantai Parangtritis dan Depok, sementara sisanya akan ditempatkan di Pantai Gua Cemara hingga Pantai Baru. Selain bertanggung jawab terhadap kebersihan, para petugas tambahan ini juga akan terlibat dalam proses pemilahan sampah.

"Petugas sampah akan pilah sampah yang organik dan non organik. Sampah organik akan ditanam dan non organik akan diolah kembali," ucapnya.

Baca Juga: Bantul Career Expo 2023 Sediakan 4.058 Lowongan Kerja, Yuk Daftar!

3. Sampah di objek wisata

Dispar Bantul Usulkan Tambah 20 Petugas Kebersihan PantaiIlustrasi sampah di pantai.(IDN TImes/Imam Rosidin)

Kwintarto menjelaskan, meskipun sedang menghadapi situasi darurat sampah, potensi akumulasi sampah di kawasan wisata pantai saat ini dinilai tidak signifikan. Hal ini berbeda dengan saat musim penghujan, di mana banyak sampah yang terbawa oleh aliran sungai dan berakhir di pantai sebagai dampaknya.

"Ketika musim hujan sampah bisa berasal dari laut namun ketika musim kemarau sampah dari para pengunjung dan warung yang ada di objek wisata pantai," terangnya.

"Yang jelas kami akan bergerak bersama dengan OPD lainnya ikut melakukan pengolahan sampah," tutupnya.

Baca Juga: Memilah Sampah Bakal Jadi Syarat Naik Pangkat ASN di Bantul

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya