Dispar Bantul Imbau Bakul di Tempat Wisata Tak Nyetok Dagangan

Pelaku usaha dan wisata di Bantul diminta bersabar 

Bantul, IDN Times - ‎Dinas Pariwisata Bantul meminta para pedagang di tempat wisata pantai selatan, tidak membeli barang dagangan dalam jumlah banyak. Hal ini disebabkan tenpat wisata belum tentu dibuka akhir pekan ini.

Lonjakan kasus COVID-19 di Bantul dan rencana pemerintah memberlakukan PPKM Darurat di wilayah zona merah menjadi penyebabnya. 

1. Objek wisata kemungkinan akan ditutup saat PPKM Darurat

Dispar Bantul Imbau Bakul di Tempat Wisata Tak Nyetok DaganganKepala Dinas Pariwisata Pemkab Bantul, Kwintarto Heru Prabawa.(IDN Times/Daruwaskita)

Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Bantul, Kwintarto Heru Prabawa mengatakan dalam Inbup Nomor 16 Tahun 2021 memang memperbolehkan objek wisata dibuka akhir pekan ini, namun saat ini pemerintah pusat berencana memberlakukan PPKM darurat mulai tanggal 3 hingga 20 Juli 2021. 

"Kami menyampaikan kepada pelaku wisata jangan kulakan dagangan banyak, karena sangat mungkin dalam waktu satu dua hari ada kebijakan yang menyebabkan akhir pekan tidak jadi dibuka objek wisatanya," katanya di sela-sela meninjau vaksinasi massal pelaku wisata di Pendopo Parangtritis, Rabu (30/6/2021).

Baca Juga: RS di Sleman Penuh, 41 Orang Meninggal saat Jalani Isoma 

2. Pelaku usaha diminta bersabar

Dispar Bantul Imbau Bakul di Tempat Wisata Tak Nyetok DaganganPedagang ikan laut di pasar ikan Pantai Depok. IDN Times/Daruwaskita

Di objek wisata kata Kwintarto diakui tidak ada klaster COVID-19 sejauh ini, namun pelayanan medis di rumah sakit, selter dan pelayanan kesehatan lainnya penuh.  

"Ini harus dipahami ketika objek wisata pada akhir pekan mendatang tidak dibuka. Kami mohon masyarakat lebih bersabar," ucapnya.

3. Pemkab Bantul akan ikuti aturan PPKM Darurat

Dispar Bantul Imbau Bakul di Tempat Wisata Tak Nyetok DaganganBupati Bantul, Abdul Halim Muslih. IDN Times/Daruwaskita

Sementara Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyatakan akan tunduk dan melakukan PPKM Darurat. 

"Kita tunduk pada aturan yang lebih atas, jika aturan objek wisata ditutup maka juga akan kita tutup dan itu tidak hanya berlaku di Bantul saja," tandasnya.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya