Dishub Bantul Terjunkan 80 Personel saat Momen Mudik Lebaran

Akan ada rekayasa lalu lintas di jalan menuju Parangtritis

Bantul, IDN Times - ‎Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul menerjunkan tak kurang dari 80 personel dalam pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2022. Puluhan personel ini akan bergabung dengan personel dari Polres Bantul, TNI, dan SAR yang bertugas di empat pos pengamanan Lebaran dan di pos utama Dinas Perhubungan di Pasar Seni Gabusan.

"Personel dari Dinas Perhubungan juga akan ditempatkan pada jalur yang rawan terjadinya kemacetan yakni Simpang Tiga Tembi, Simpang Empat Manding, Simpang Empat Bakulan dan TPR Pantai Parangtritis," ucap Kepala Dishub Bantul, Aris Suharyanta, Jumat (22/4/2022).

Baca Juga: Tiket Bus AKAP untuk Balik Lebaran dari Bantul Nyaris Ludes

1. Petakan jalur rawan kecelakaan dan membuat spanduk imbauan untuk wisatawan‎

Dishub Bantul Terjunkan 80 Personel saat Momen Mudik LebaranIlustrasi Kecelakaan (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut Aris, Dishub Bantul juga telah memetakan jalan yang rawan kecelakaan di antaranya Jalan Parangtritis, Jalan Pandak-Srandakan dan jalur Cinomati.

"Untuk di jalur Cinomati, kita akan membuat spanduk yang berisi imbauan kepada wisatawan agar tidak melalui jalur tersebut karena medannya sangat berbahaya," ungkapnya.

2. Bus wisata yang melalui jalur Dlingo-Imogiri diminta selalu gunakan gigi kecil‎

Dishub Bantul Terjunkan 80 Personel saat Momen Mudik LebaranJalan Imogiri-Dlingo yang sepi kendaraan meski akhir pekan. (IDN Times/Daruwaskita)

Sementara untuk jalur Imogiri-Dlingo, kata Aris, pihaknya tidak akan melarang bus besar melewati jalur tersebut baik naik dari Imogiri ke Dlingo maupun sebaliknya. Namun, bus wisata ketika akan turun melalui jalur tersebut diminta menggunakan gigi kecil untuk menghindari kecelakaan seperti yang terjadi di Bukit Bego beberapa waktu yang lalu.

"Spanduk dan poster agar sopir bus atau kendaraan lain saat turun menggunakan gigi kecil juga dipasang di sepanjang jalur Imogiri-Dlingo," ujarnya. "Nanti ada petugas yang akan di tempatkan di Watu Goyang untuk mengingatkan sopir bus mengganti ke gigi kecil."

3. Rekayasa lalu-lintas di jalur menuju Pantai Parangtritis

Dishub Bantul Terjunkan 80 Personel saat Momen Mudik LebaranTPR Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Aris melanjutkan, pihaknya bersama Polres Bantul juga akan melakukan rekayasa jalan jika jalur menuju Pantai Parangtritis mengalami kemacetan. Salah satunya dengan menerapkan satu jalur dari TPR Induk Pantai Parangtritis menuju Pantai Parangtritis. Sementara, untuk arus kendaraan yang keluar dari Pantai Parangtritis akan diarahkan memutar melalui Pantai Depok.

"Tapi itu kondisional saja, kalau tidak ada kepadatan dan kemacetan arus lalu-lintas akan berlangsung seperti biasanya," ungkapnya.

4. Wisatawan dialihkan dari jalur Cinomati

Dishub Bantul Terjunkan 80 Personel saat Momen Mudik LebaranKapolres Bantul, AKBP Ihsan serahkan bantuan sembako ke dapur umum di Ngungan-Ngunan, Srigading, Sanden, Bantul.doc Humas Polres Bantul

Sementara, Kapolres Bantul, AKBP Ihsan, mengatakan pihaknya akan mendirikan empat pos pengamanan dan dua pos pemantauan. Empat pos pengamanan akan didirikan di Jalan Jogja-Wates tepatnya di Klangon, Sedayu, Jalan Srandakan-Brosot, Jalan Piyungan dan di TPR Induk Pantai Parangtritis. Sedangkan untuk pos pemantauan akan didirikan di jalur Cinomati dan jalur Imogiri-Dlingo.

"Khusus untuk pos pengamanan di jalur Cinomati akan kita tempatkan personel 24 jam. Dan wisatawan yang akan melalui jalur tersebut akan kita arahkan melalui jalur Imogiri-Dlingo. Jalur Cinomati sangat berbahaya apalagi pengemudi yang tidak mengetahui medannya dan hanya mengikuti Google Maps," tuturnya.‎

Baca Juga: Polres Bantul Dirikan 4 Pos Pengamanan Mudik Lebaran

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya