Didukung Warga, Untoro Hariyadi Ngaku Siap Maju Pilkada Bantul 2024

Aliansi Masyarakat Bantul dukung Untoro Hariyadi jadi cabub

Intinya Sih...

  • Aliansi Masyarakat Bantul mendukung Untoro Hariyadi sebagai calon bupati Bantul dalam Pilkada November 2024.
  • Untoro siap maju jika mendapat dukungan dari masyarakat dan partai politik, meskipun waktu pendaftaran bakal calon sudah mepet.
  • Untoro intensifkan komunikasi dengan partai politik seperti Golkar, PKS, PAN, Demokrat untuk diusung dalam Pilkada Bantul 2024.

Bantul, IDN Times - Setelah selesainya Pemilu 2024 dan ditetapkannya perolehan kursi di lembaga perwakilan rakyat, baik di tingkat pusat maupun daerah, kini partai politik kembali berhadapan dengan momentum pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada serentak) yang akan digelar pada bulan November 2024, termasuk di Kabupaten Bantul.

Antusiasme terhadap Pilkada di Bumi Projotamansari sudah mulai terasa dengan munculnya sosok calon bupati Bantul, yaitu Untoro Hariadi. Untoro sebelumnya telah mencalonkan diri sebagai anggota legislatif DPRD Bantul dan juga pernah menjadi anggota Tim untuk Percepatan Pembangunan (TUGPP) DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Anies Baswedan.

Berasal dari Padukuhan Nogosari, Kalurahan Trirenggo, Kapanewon Bantul, Untoro Hariadi didorong oleh tokoh masyarakat dan kelompok penggerak demokrasi di Bantul, seperti Aliansi Masyarakat Bantul, untuk bertarung sebagai calon Bupati Bantul dalam Pilkada November 2024 mendatang.

1. Siap maju cabub jika diberi mandat oleh rakyat Bantul

Didukung Warga, Untoro Hariyadi Ngaku Siap Maju Pilkada Bantul 2024Ilustrasi Pilkada (IDN Times/Mardya Shakti)

Ketika dikonfirmasi, Untoro mengaku belum mendapatkan informasi mengenai dukungan yang datang dari masyarakat Bantul untuk dirinya dalam kontestasi Pilkada Bantul 2024 sebagai calon bupati. Meskipun begitu, beliau menegaskan bahwa jika masyarakat Bantul memberikan amanah kepadanya untuk maju sebagai calon bupati, beliau bersedia untuk memenuhi tugas tersebut.

"Ya siap saja jika rakyat Bantul memerintahkan saya untuk maju sebagai calon bupati. Namun demikian, aspirasi dari masyarakat Bantul itu juga disampaikan kepada partai-partai supaya nanti partai akan menyerah aspirasi karena yang akan mencalonkan adalah partai politik atau gabungan partai politik," katanya, Minggu (14/5/2024).

2. Aspirasi masyarakat tersebut harus disampaikan kepada partai politik

Didukung Warga, Untoro Hariyadi Ngaku Siap Maju Pilkada Bantul 2024Bendera partai politik peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dengan waktu yang sangat mepet untuk pendaftaran bakal calon bupati dan bakal calon wakil Bupati pada akhir Agustus 2024, menurutnya akan sulit bagi calon untuk maju secara independen. Oleh karena itu, Untoro mengatakan akan tepat jika aspirasi masyarakat Bantul disampaikan kepada partai politik, terutama yang memiliki kursi di DPRD Bantul.

"Yang jelas saat ini punya banyak teman di partai politik baik di tingkat kabupaten hingga pusat dan saya komunikasi terus. Dengan Golkar, PKS, PAN, Demokrat dan yang lainnya agar nantinya bisa menjadi partai pengusung. Sebab minimal harus ada 9 kursi di DPRD Bantul agar partai atau gabungan partai bisa mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati," ujar dia.

Baca Juga: Khatib Salat Id di Bantul Minta Maaf, Ungkap Maksud Khotbah

3. Elemen masyarakat yang mendukung juga berkomunikasi dengan partai politik

Didukung Warga, Untoro Hariyadi Ngaku Siap Maju Pilkada Bantul 2024Ilustrasi pencoblosan (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Pihaknya, kata Untoro, saat ini terus mengintensifkan komunikasi dengan berbagai partai politik dengan harapan bisa mengusung dirinya untuk maju dalam Pilkada Bantul 2024. Apalagi ada elemen masyarakat Bantul yang mendorong dirinya maju sebagai calon bupati.

"Ya saya optimislah mendapatkan dukungan dari partai politik di Bantul untuk maju sebagai calon bupati dan masyarakat tentunya juga membuka komunikasi dengan partai politik yang ada di Bantul. Jadi semua jalan dan jalur yang ada itu kita manfaatkan," tandasnya.

Baca Juga: Dapat Dukungan Golkar, Mantan Sekda Sleman Mantap Maju Pilkada

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya