Civitas Akademika UMY Gelar Aksi Bela Palestina, Keluarkan 5 Sikap

Aksi dilakukan serempak di Indonesia

Bantul, IDN Times - Civitas akademika Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar aksi bela Palestina dan kutuk Israel pada Selasa (7/5/2025).

Ratusan mahasiswa, dosen, dan tenaga pendidik mengenakan atribut Palestina melakukan long march dari Gedung Sportorium menuju Halaman Gedung kembar AR Fakhruddin UMY. Massa aksi juga membawa spanduk dan poster yang berisi seruan kemerdekaan bagi Palestina.

2. Warga Muhammadiyah bersama-sama lakukan aksi

Civitas Akademika UMY Gelar Aksi Bela Palestina, Keluarkan 5 SikapWakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan AIK UMY, Faris Al Fadhat.(IDN Times/Daruwaskita)

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan AIK UMY, Faris Al Fadhat dalam orasinya mengatakan aksi ini dilaksanakan sebagai respons terhadap imbauan aksi bela Palestina yang dikeluarkan Forum Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (FR PTMA) dengan Nomor: 028/FR-PTMA/V/2024.

“Ini bersamaan dengan seluruh warga Muhammadiyah yang ada di Indonesia, ada 172 perguruan tinggi dan ratusan sekolah mulai dari SMP hingga SMA yang pada hari ini juga hadir bersama-sama melakukan aksi di seantero Indonesia,” katanya, Selasa (7/5/2024).

 

 

2. Mendukung rakyat Palestina merupakan amanat dari konstitusi

Civitas Akademika UMY Gelar Aksi Bela Palestina, Keluarkan 5 SikapUMY gelar aksi bela Palestina dan kutuk Israel.(IDN Times/Daruwaskita)

Perjuangan mendukung rakyat Palestina bukanlah semata-mata karena perjuangan berdasarkan agama dan etnis semata, namun merupakan amanat konstitusional Republik Indonesia.

“Amanat konstitusi kita jelas untuk membela rakyat Palestina karena bagian dari perjuangan untuk mendukung pembebasan segala bentuk dari penindasan dan kolonialisme,” terangnya.

Baca Juga: Info Biaya Kuliah S1 di UMY Tahun 2024-2025

3. 5 pernyataan sikap yang disampaikan UMY

Civitas Akademika UMY Gelar Aksi Bela Palestina, Keluarkan 5 SikapUMY gelar aksi bela Palestina dan kutuk Israel.(IDN Times/Daruwaskita)

Faris menyampaikan pernyataan sikap UMY atas genosida yang terjadi di Gaza, Palestina. Pertama adalah ikut membela seluruh perjuangan rakyat Palestina, mengutuk keras agresi yang dilakukan negara Israel terhadap di Gaza. Agresi ini telah melanggar segala bentuk hukum baik nasional maupun internasional.

"Kedua, mengecam sikap negara-negara Barat terutama negara Amerika Serikat, negara seperti Perancis, yang tidak membela, tapi menjual senjata kepada pemerintah Israel," kata Faris. 

Ketiga, pihaknya ikut satu suara dengan seluruh mahasiswa yang ada di Amerika Serikat yang saat ini duduk tinggal di kampus-kampus terbaik di Amerika yang menyatakan mendukung perjuangan Palestina di Gaza. Keempat, memohon dan meminta kepada pemerintah Indonesia, agar tidak ragu untuk mendukung berjuang bersama rakyat Palestina. "Jangan sekalipun ada upaya untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel," seru Faris.

Baca Juga: Bursa Pilwakot Kota Yogyakarta: Putri Amien Rais hingga Pj Wali Kota

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya