Calon Haji Tertua Asal Bantul Berusia 92 Tahun dan Termuda 22 Tahun

1.044 Calon Haji dari Bantul Diberangkatkan ke Tanah Suci

Bantul, IDN Times - Sebanyak 1.044 jemaah calon haji (calhaj) asal Bantul akan diterbangkan ke Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji pada tahun 2024 ini. Dari 1.044 calon jemaah haji tersebut berusia paling tua 92 tahun dan paling muda berusia 22 tahun. Mereka yang akan menunaikan rukun Islam kelima itu menjalani masa tunggu pemberangkatan haji selama 12-13 tahun.

1. Ada petugas khusus yang melayani jemaah calon haji lansia dan disabilitas

Calon Haji Tertua Asal Bantul Berusia 92 Tahun dan Termuda 22 TahunKepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul Ahmad Shidqi.(IDN Times/Daruwaskita)

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul Ahmad Shidqi mengatakan jumlah lansia yang diberangkatkan naik haji pada tahun 2024 sebesar lima persen dari 1.044 keseluruhan jemaah yang diberangkatkan. Ada petugas khusus untuk lansia dan disabilitas yang disediakan oleh kementerian agama melalui PPIH Arab Saudi.

"Insya Allah untuk seluruh lansia dan disabilitas akan mendapatkan pelayanan terbaik oleh petugas yang ditugaskan di Arab Saudi," katanya seusai acara Pamit Jemaah Haji Kabupaten Bantul Tahun 2024 di Pendopo Parasamya Pemkab Bantul, Senin (6/5/2024).

2. Mulai diberangkatkan ke Mekah pada 26 Mei 2026

Calon Haji Tertua Asal Bantul Berusia 92 Tahun dan Termuda 22 Tahunilustrasi menjalankan ibadah haji ataupun umrah (Pixabay.com/radiefrmadna)

Menurut Ahmad Shidqi untuk jemaah calon haji dari Bantul akan tergabung dalam kloter 46, 49, 51 dan 81. Jemaah akan diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah pada 24 Mei untuk kloter 46 dan kloter 49 pada 49 serta kloter 51. Sedangkan untuk kloter 81 diberangkatkan pada 2 Juni 2024.

"Semua kloter jemaah haji dari Bantul tergabung dalam gelombang kedua yang artinya seluruh jemaah calon haji dari Bantul destinasi pertama di Mekah dan pemberangkatan pertama pada tanggal 26/5/2024," ungkapnya.

Ahmad Shidqi menambahkan seluruh jemaah calon haji sudah melakukan general check up. Jemaah yang diberangkatkan mulai melakukan pembayaran biaya haji pada 2011 akhir dan 2012 awal yang artinya masa tunggu untuk diberangkatkan haji sekitar 12-13 tahun.

"Jadi jemaah calon haji yang diberangkatkan tahun 2024 ini ada yang seharusnya diberangkatkan saat COVID-19 namun tertunda dan diberangkatkan pada tahun ini," katanya.

Baca Juga: Seto Sebut Restu Keluarga Membawanya Kembali ke Dunia Sepak Bola

3. Berharap pulang dari Mekah menjadi haji yang mabrur

Calon Haji Tertua Asal Bantul Berusia 92 Tahun dan Termuda 22 TahunWakil Bupati Bantul, Joko Purnomo. IDN Times/Daruwaskita

Sementara itu, Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo mengatakan pemberangkatan jemaah haji merupakan implementasi dari Bantul yang Projotamansari, demokratis dan agamis. Sebab para jemaah calon haji ini memiliki niatan sangat besar untuk naik haji.

"Kewajiban Pemkab Bantul sesuai undang-undang maka harus membantu bergotong royong menjadi falitator kegiatan naik haji ini. Setiap tahun kita juga membantu para jemaah calon haji dan fasilitator calon jemaah haji untuk mewujudkan jemaah haji yang mabrur nantinya ketika pulang ke tanah air," ujarnya.

"Harapan kita semuanya pemberangkatan haji di tahun yang akan datang jumlah kuota jemaah calon haji dari Bantul bisa ditambah," katanya.

 

 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Wisata Sungai di Srimulyo Bantul, Ada Batu Kapal

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya