Comscore Tracker

Berkas Balon Bupati-Wabup Bantul Resmi Diserahkan ke DPD Gerindra DIY

Suharsono diminta tak memusuhi kandidat cabup lain

Bantul, IDN Times - Dewan Pimpinan Cabang‎ (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Bantul secara resmi menyerahkan berkas administrasi bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati Bantul ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra DI Yogyakarta pada Selasa (10/12) di ruang VIP salah satu rumah makan di Jalan Parangtritis Bantul.

Baca Juga: 10 Kiai NU di Bantul Dukung Kadernya Maju Jadi Calon Bupati

1. Kelima kandidat dinyatakan lolos persyaratan administrasi‎

Berkas Balon Bupati-Wabup Bantul Resmi Diserahkan ke DPD Gerindra DIYSekretaris DPC Partai Gerindra Bantul Darwinto. IDN Times /Daruwaskita

Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Bantul yang juga Ketua Tim 11 (tim penjaringan balon bupati dan wakil bupati Bantul), Darwinto, mengatakan berkas administrasi kelima kandidat yakni Suharno, Dewata Eka Putra, Nur Rakhmat, Mahmud Ardi Widanto dan Setiya semuanya dinyatakan memenuhi syarat.

Visi misi yang disampaikan juga sudah sesuai dengan visi-misi untuk memajukan Bantul dengan mengacu kepada menyongsong abad Samudera Hindia dari Gubernur DIY dan juga visi misi Partai Gerindra.

"Ya setelah visi misi dan berkas administrasi memenuhi syarat makan kita serahkan ke DPD Gerindra DIY untuk dilakukan tahap penyaringan," ujarnya.

2. DPC Gerindra Bantul akan buat survei untuk mengetahui elektabilitas kandidat‎

Berkas Balon Bupati-Wabup Bantul Resmi Diserahkan ke DPD Gerindra DIYDewata Eka Putra (berdiri) kandidat bakal calon bupati Bantul dari Partai Gerindra. IDN Times/Daruwaskita

Menurut Darwin, meski bola saat ini telah ada di tangan DPD Gerindra DIY, namun DPC Gerindra Bantul sendiri tetap akan membuat survei untuk mengetahui tingkat elektabilitas para kandidat. Harapannya, hasilnya bisa menjadi masukan bagi DPD Gerindra dalam proses penyaringan kandidat.

"Kita juga tahu bahwa DPD Gerindra DIY juga akan melakukan survei sebelum memutuskan nama kandidat yang akan dikirim ke DPP Gerindra yang sudah dipasangkan atau paslon, namun setidaknya bisa menjadi masukan bagi DPD Gerindra DIY," ungkapnya.

3. DPD Gerindra DIY akan menyaring kandidat yang layak untuk diusung dalam Pilkada Bantul

Berkas Balon Bupati-Wabup Bantul Resmi Diserahkan ke DPD Gerindra DIYSekretaris DPD Gerindra DIY yang juga Ketua Tim 9 (tim penyaringan bupati dan wakil bupati DPD Gerindra DIY), Dharma Setiawan. IDN Times/Daruwaskita

Sementara Sekretaris DPD Gerindra DIY yang juga Ketua Tim 9 (tim penyaringan bupati dan wakil bupati DPD Gerindra DIY), Dharma Setiawan, mengatakan Gerindra DIY akan melakukan penyaringan nama kandidat yang memang layak untuk dicalonkan dalam Pilkada 2020 mendatang di Kabupaten Bantul.

"Ya tentu ada fit and proper test kepada kandidat sehingga pastinya Tim 9 akan sering berkomunikasi dengan para kandidat," ungkapnya.

4. DPD Gerindra minta Suharsono tidak memusuhi cabup lain dari Gerindra

Berkas Balon Bupati-Wabup Bantul Resmi Diserahkan ke DPD Gerindra DIYKandidat balon bupati Bantul Suharsono (baju buru) yang sekaligus Bupati Bantul petahana. IDN Times/Daruwaskita

DPD Gerindra DIY sendiri akan mengusulkan tiga pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati kepada DPP Gerindra untuk nantinya diberikan rekomendasi untuk maju dalam Pilkada di Bantul.

"Jadi Pak Harsono (balon bupati) petahana jika ada balon bupati lainnya dari Partai Gerindra jangan dianggap musuh namun dianggap kawan yang akan memperkuat perjuangan Partai Gerindra," pinta Dharma kepada Harsono yang turut hadir dalam acara tersebut.

"Siapa kandidat paslon yang nantinya mendapatkan rekomendasi pasti tidak jauh dari rekomendasi paslon yang kita mintakan ke DPP Partai Gerindra," tambah Dharma lagi.

Lebih jauh, Dharma juga mengatakan sangat dimungkinkan DPP Gerindra membuka kembali pendaftaran balon bupati dan balon wakil bupati tahap kedua, mengingat dinamika politik yang sangat dinamis apalagi Partai Gerindra saat ini bergabung dengan pemerintah.

"Tapi itu nanti kita menunggu kepastian dari DPP Gerindra. Jadi bagi DPC jangan kaget kalau ada tahap 2 pembukaan pendaftaran balon bupati dan wakil bupati," ungkap mantan Wakil Ketua DPRD DIY periode 2017-2019 ini.‎

Baca Juga: Formasi Tenaga Teknis Satpol PP Pemkab Bantul Nihil Pelamar

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You