Beredar Foto Idham Samawi untuk Kampanye Pasangan Untoro-Wahyudi

Idham masih anggota DPR-RI Fraksi PDI Perjuangan

Intinya Sih...

  • Foto mantan Bupati Bantul, Idham Samawi, digunakan untuk kampanye paslon bupati dan wakil bupati dari Partai Amanat Nasional dan Partai Bulan Bintang.
  • Juru bicara paslon lain mengaku tidak mengetahui siapa yang membuat gambar tersebut, namun menegaskan tim pemenangan tidak menggunakan kader dari partai lain.
  • Ketua Tim Pemenangan Paslon cabup-cawabup yang diusung oleh PDI Perjuangan menyatakan bahwa Idham memberikan dukungan kepada paslon cabub-cawabub yang diusung oleh koalisi PDI Perjuangan.

Bantul, IDN Times - Foto mantan Bupati Bantul HM. Idham Samawi digunakan untuk mengkampanyekan pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Untoro Hariadi dan Wahyudi Anggoro Hadi yang diusung oleh Partai Amanat Nasional dan Partai Bulan Bintang.

Dalam foto yang beredar tampak foto Idham yang kini menjabat sebagai anggota DPR-RI periode 2019-2024 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menggunakan jas warna biru tua dengan dasi warna merah. Di depannya tampak foto cabup Bantul Untoro Hariadi yang menggunakan baju warna merah dan calon wabup Bantul Wahyudi Anggoro Hadi dengan pakaian warna putih.

Selain itu ada tulisan 'Kita Kembalikan Kejayaan Bantul Era Idham Samawi'. Juga ada tulisan yang menyatakan Untoro Hariadi adalah 'staff ahli bupati Idham Samawi' sedangkan cawabup Wahyudi Anggoro Hadi 'lurah berprestasi'.

Padahal PDIP sendiri sudah mengajukan calon yakni Joko B Purnomo dan Rony Wijaya dalam Pilkada Bantul 2024.

1. Tim pemenangan Untoro-Wahyudi tidak mengetahui asal usul foto

Beredar Foto Idham Samawi untuk Kampanye Pasangan Untoro-WahyudiCalon bupati Bantul, Untoro Hariadi.(IDN Times/Daruwaskita)

Juru bicara Untoro-Wahyudi dan Wahyudi Anggota Hadi, Anom Suroto, mengaku tidak mengetahui siapa yang membuat gambar tersebut dan yang menyebarkan ke media sosial.

"Yang jelas siapa yang membuat gambar dan menyebarkan foto seolah-olah Pak Idham mendukung paslon cabup-cawabup bukan dari tim pemenangan paslon cabup-cawabup Untoro-Wahyudi dan Wahyudi Anggoro Hadi," katanya, Sabtu (7/9/2024).

2. Hormati Idham Samawi sebagai kader PDI Perjuangan

Beredar Foto Idham Samawi untuk Kampanye Pasangan Untoro-WahyudiMantan Bupati Bantul, HM Idham Samawi.(IDN Times/Daruwaskita)

Anom menegaskan tim pemenangan Untoro-Wahyudi tidak pernah menggunakan kader dari partai lain untuk mengkampanyekan Untoro-Wahyudi.

"Kita memenangkan calon yang kita usung dengan menggunakan cara-cara yang demokratis dan tidak membajak kader dari partai lainnya. Kan semua sudah tahu Pak Idham itu kader PDIP dan saat ini masih menjadi anggota DPR RI dari PDIP. Kita sangat menghormati beliau," ucapnya.

Terlepas dari itu Anom menegaskan bahwa kebijakan selama Idham Samawi menjadi Bupati Bantul patut diperjuangkan dan masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat Bantul. "Tentu peninggalan pemimpin kita yang dahulu kita akan gunakan untuk bagaimana Bantul ke depannya lebih baik," katanya.

Baca Juga: Jelang Masa Kampanye Pilkada, Bawaslu Bantul Insentifkan Pengawasan

3. Biarkan masyarakat menilai sendiri

Beredar Foto Idham Samawi untuk Kampanye Pasangan Untoro-WahyudiCalon wakil bupati Bantul dan calon wakil bupati Bantul, Joko Purnomo dan Rony Wijaya.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Paslon cabup-cawabup, Joko Purnomo-Rony Wijaya yang diusung oleh PDI Perjuangan, Partai Demokrat, PPP dan Partai Ummat serta Partai Perindo, Hanung Raharjo, menegaskan bahwa dirinya sudah sering berkomunikasi dengan HM. Idham Samawi. Dalam komunikasi itu, Idham memberikan dukungan kepada paslon cabub-cawabub yang diusung oleh koalisi PDI Perjuangan. Apalagi saat ini Idham Samawi masih menjadi anggota DPR-RI dari Fraksi PDI Perjuangan.

"Jadi silakan saja masyarakat Bantul menilainya. Saya tidak berkomentar banyak," katanya singkat.

Baca Juga: 6 Tempat Menyendiri di Jogja, Suasananya Ampuh Tenangkan Pikiran

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya