Bantul Catatkan Rekor 854 Kasus COVID-19 dalam Sehari

Angka tersebut jadi yang paling tinggi selama pandemik

Bantul, IDN Times - ‎Hari ketujuh pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, tepatnya pada Jumat (9/7/2021), Kabupaten Bantul kembali mencatatkan rekor penambahan kasus harian COVID-19. Jumlahnya mencapai 854 kasus.

Selain itu angka kematian pasien COVID-19 pada hari yang sama mencapai 14 kasus. Sedangkan untuk angka kesembuhan mencapai 252 kasus.

Dengan penambahan tersebut, jumlah total kasus pasien positif COVID-19 mencapai 26.793 kasus, sedangkan angka kematian mencapai 590 kasus. Angka kesembuhan mencapai 17.622 kasus dan pasien yang menjalani isolasi mencapai 8.581 kasus.

Baca Juga: Kurang Anggota,Tim Pemulasaran dan Pemakaman Bantul Kewalahan  

1. Penambahan 854 kasus merupakan yang tertinggi selama pandemik berlangsung‎

Bantul Catatkan Rekor 854 Kasus COVID-19 dalam SehariJuru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bantul, dr. Sri Wahyu Joko Santosa.IDN Times/Daruwaskita

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemkab Bantul, dr. Sri Wahyu Joko Santosa, membenarkan penambahan 854 kasus baru pada Jumat (9/7/2021) kemarin merupakan penambahan kasus terbanyak selama pandemik berlangsung.

"Iya paling banyak selama pandemik," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (10/7/2021).

2. Masyarakat wajib taat 5M jika ingin kasus COVID-19 menurun‎

Bantul Catatkan Rekor 854 Kasus COVID-19 dalam SehariInfografis PPKM Darurat Jawa-Bali pada 3-20 Juli 2021. (IDN Times/Aditya Pratama)

Dengan tingginya penularan COVID-19 di wilayah Bantul, pria yang akrab di sapa dr. Oki ini meminta masyarakat harus patuh pada aturan PPKM Darurat yang masih akan berlangsung hingga 20 Juli 2021 mendatang.

"Kuncinya hanya melaksanakan 5M agar kasus mengalami penurunan. Selama masyarakat tidak patuh pada 5M maka sulit untuk menurunkan penularan COVID-19," ungkapnya.

3. Pasien yang isoman di rumah mendapatkan pantauan dan obat-obatan dari puskesmas

Bantul Catatkan Rekor 854 Kasus COVID-19 dalam SehariKepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharja. IDN Times/Daruwaskita

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharja, mengatakan dengan kasus yang terus melonjak, rumah sakit rujukan hampir penuh dengan pasien COVID-19 sehingga warga yang terpapar COVID-19 dengan gejala ringan ataupun tak bergejala melakukan isoman di rumah maupun di sejumlah shelter milik kalurahan maupun kabupaten.

"Untuk warga yang melakukan isolasi mandiri di rumah diharapkan memberikan laporan ke Satgas COVID-19 setempat atau ke puskesmas agar ada pemantauan kesehatan dan pemberian obat-obatan dari puskesmas," ungkapnya.‎

Baca Juga: Pedagang Jamu Gendong di Bantul Tahun Ini Mengaku Tak Terima Danais

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya