Bantul Bakal Panen Raya, Pemkab Ingin Beras Tak Dijual ke Luar Kota

Harga beras di pasar tradisional Bantul masih tinggi

Bantul, IDN Times - Harga beras di pasar tradisional Kabupaten Bantul belum mengalami penurunan harga. Beras medium dijual dengan harga di atas Rp15 ribu per kilogram, sedangkan beras premium dihargai Rp17 ribu per kilogramnya.

 

1. Panen raya padi seluas 4 ribu hektare

Bantul Bakal Panen Raya, Pemkab Ingin Beras Tak Dijual ke Luar KotaSekda Bantul, Agus Budi Raharja.(IDN Times/Daruwaskita)

Sekda Kabupaten Bantul, Agus Budi Raharja mengatakan pada bulan Maret-April akan terjadi panen padi tak kurang dari 4 ribu hektare di berbagai wilayah di Kabupaten Bantul. "Saat ini sudah ada petani yang memanen padinya, namun tak sebanyak pada akhir Maret dan April mendatang," ujarnya, Minggu (3/3/2024).

2. Berharap tidak dijual ke luar daerah

Bantul Bakal Panen Raya, Pemkab Ingin Beras Tak Dijual ke Luar KotaIlustrasi Petani panen padi (IDN Times/Muhammad Nasir)

Agus berharap seluruh hasil panen padi untuk memenuhi kebutuhan pangan lokal, dan tidak dijual ke luar daerah. "Saat ini mekanisme tersebut sudah berjalan, yakni padi stoknya ada di petani sehingga untuk ketersediaan beras cukup aman," tutur Agus.  

Baca Juga: Harga Beras Tinggi, Dinas Pertanian Kampanyekan Setop Boros Pangan

3. Gelar operasi pasar beras murah jelang Ramadan

Bantul Bakal Panen Raya, Pemkab Ingin Beras Tak Dijual ke Luar KotaKepala DKPP Kabupaten Bantul, Joko Waluyo.(IDN Times/Daruwaskita)

Cara untuk menekan harga beras agar turun menjelang Ramadan, Gus Bud sapaan akrab Agus Budi Raharja, mengatakan Pemkab Bantul akan menggelar operasi pasar beras murah di berbagai pasar tradisional.

Sementara Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian juga menyalurkan bantuan beras kepada masyarakat miskin, diharapkan kenaikan beras ini tidak membebani. "Pembagian beras kepada masyarakat miskin sebesar 10 kilogram untuk keluarga penerima manfaat sudah berjalan. Jumlah penerimanya di atas 100 ribu keluarga di Bantul," tutur Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bantul, Joko Waluyo. 
 

Baca Juga: Pedagang Beras Pasar Kranggan Keluhkan Harga Naik, Stok Berkurang

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya