Bangunan Kelas SDN Semuten Bantul Rusak, Siswa Belajar di Kantin

DPRD Bantul sudah sidak dan ajukan anggaran perbaikan

Bantul, IDN Times - Dua ruang kelas di SD Negeri Semuten di Kalurahan Jatimulyo, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul mengalami kerusakan. Ruang kelas yang rusak yakni di kelas V dan VI.

Akibatnya, para murid terpaksa belajar di kantin karena ruangan tidak layak lagi untuk proses belajar mengajar dan cukup berbahaya bagi siswa maupun guru.

1. Informasi kerusakan SDN Semuten sudah diketahui DPRD Bantul

Bangunan Kelas SDN Semuten Bantul Rusak, Siswa Belajar di KantinKetua Komisi D, DPRD Bantul, Suratman. (IDN Times/Daruwaskita)

Ketua Komisi D, DPRD Bantul, Suratman, membenarkan adanya ruangan kelas di SDN Semuten yang mengalami kerusakan dan tidak layak lagi untuk proses belajar mengajar siswa dan guru.

"Kami sudah tahu informasi itu satu bulan yang lalu. Anggota Komisi D juga sudah melakukan sidak di SDN Semuten," ujarnya, Jumat (11/8/2023).

2. Anggaran perbaikan sudah masuk dalam KUA PPAS 2024

Bangunan Kelas SDN Semuten Bantul Rusak, Siswa Belajar di KantinIlustrasi ruang kelas. (IDN Times/Samarinda)

Dari hasil sidak anggota Komisi D, direkomendasikan untuk segera dilakukan perbaikan dua ruangan kelas yang mengalami kerusakan agar siswa tidak perlu belajar di kantin.

"Sebenarnya Pak Dukuh Semuten juga menawarkan rumah sebagai tempat belajar sementara namun pihak sekolah memilih menggunakan ruangan kantin sebagai tempat belajar mengajar," ungkapnya.

"Beruntungnya jumlah siswa juga tidak banyak sehingga butuh ruangan yang lebih luas. Namun kita tetap konsen agar ruangan kelas yang rusak segera dibangun," tambahnya.

Komisi D, kata Suratman, juga telah memasukkan anggaran Rp130 juta dalam KUA PPAS 2024 sehingga diharapkan pada APBD tahun 2024 mendatang dua ruangan kelas yang rusak bisa direnovasi.

"Sebenarnya ada belasan SDN di Bantul yang ruangan kelas mengalami kerusakan dan pada KUA PPAS 2024 kita usulkan anggaran untuk renovasi bagi 15 SDN termasuk SDN Semuten," tandas politisi PDI Perjuangan ini.

Baca Juga: Terbentur Anggaran, Bantul Cuma Bangun 18 Km Jalan pada 2023

3. Bupati Bantul belum terima laporan kerusakan SDN Semuten

Bangunan Kelas SDN Semuten Bantul Rusak, Siswa Belajar di KantinBupati Bantul Abdul Halim Muslih. (IDN Times/Daruwaskita)

Sementara itu, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, mengaku belum menerima laporan terkait adanya siswa SD yang harus belajar di kantin karena ruangan rusak.

"Saya malah belum dapat laporan," katanya.

Baca Juga: Bantul Career Expo 2023 Sediakan 4.058 Lowongan Kerja, Yuk Daftar!

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya