Bandara Baru Jogja Butuh Fasilitas Penunjang Berskala Internasional

Butuh konektivitas antar destinasi wisata

Bantul, IDN Times- Keberadaan Yogyakarta Internasional Airport (YIA) yang akan akan beroperasi penuh pada 2020 diprediksi akan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke DI Yogyakarta. Namun, YIA membutuhkan infrastruktur penunjang berskala internasional untuk menarik minat wisatawan mancanegara berkunjung.

1. YIA bisa dongkrak jumlah kunjungan wisatawan mancanegara

Bandara Baru Jogja Butuh Fasilitas Penunjang Berskala InternasionalIDN Times/Daruwaskita

Sekretaris DPD Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (SITA) DI Yogyakarta Boby Arbianto Setyo Ajie mengatakan agar YIA menarik penerbangan internasional sejumlah syarat harus dipenuhi seperti rumah sakit internasional, hotel berbintang dan fasilitas international lainnya.‎

"Jadi tahun 2020 dengan beroperasinya Bandara YIA menjadi peluang untuk menuju target yaitu banyaknya wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Yogya dan juga Jateng," katanya usai bertemu dengan Bupati Bantul, Selasa (3/9).

Baca Juga: Bandara YIA Akan Memiliki New Beringharjo dan Koridor Malioboro

2. Setiap destinasi wisata harusnya terkoneksi dengan transportasi publik‎

Bandara Baru Jogja Butuh Fasilitas Penunjang Berskala InternasionalIDN Times/Holy Kartika

Selain bandara yang bersifat internasional, Boby menambahkan idealnya semua destinasi wisata terkoneksi dengan transportasi publik. Sehingga memudahkan wisatawan untuk berkunjung.

"Wisatawan akan lebih murah untuk berkunjung ke berbagai destinasi wisata yang ada di Yogyakarta," tuturnya.

3. Wisatawan mancanegara butuh akses yang mudah dan murah‎

Bandara Baru Jogja Butuh Fasilitas Penunjang Berskala InternasionalANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Boby menyatakan saat ini market wisata terbagi 2 yaitu generasi milenial dan generasi usia di atas 45 tahun. Pada generasi milenial mereka tidak loyal customer dan hanya berpikir sesuatu yang menarik dan murah serta berpindah sewaktu-waktu. Karenanya, pelaku wisata perlu mensikapi kondisi itu.

"Nah di generasi yang usianya di atas 45 tahun untuk berwisata itu butuh persiapan 1 tahun namun generasi millennial seminggu saja bisa langsung berubah pikiran. Nah cara berpikir kita juga harus berbeda. Bagaimana wisata mudah datang dan biayanya murah," tuturnya.‎

4. High season jumlah wisatawan mancanegara justru turun

Bandara Baru Jogja Butuh Fasilitas Penunjang Berskala InternasionalIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Menurut Boby saat high season justru jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung turun 30 persen. Kondisi itu terjadi baik di Bali, Yogyakarta dan daerah lainnya di Indonesia.

"Kita sudah berbicara dengan pengelola Candi Borobudur-Prambanan dan Ratu Boko memang ada penurunan sekitar 30 persen saat high season,"ucapnya.

Baca Juga: UNY Beri Sultan Gelar Doktor Honoris Causa 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya