Bagikan Kartu Keluarga Sejahtera, Sekda Bantul: Jangan Ada Konflik 

Masyarakat penerima bantuan dapat memanfaatkan dengan baik  

Bantul, IDN Times - ‎Pemerintah Kabupaten Bantul mulai mendistribusikan Kartu Keluarga Sejahtera atau yang lebih dikenal dengan Kartu Sembako bagi 20.649 keluarga. 

"Tentu bantuan ini akan meringankan sebagian warga yang mengalami kesulitan dalam pemenuhan sembako pada saat pandemik COVID-19," ujar Sekda Kabupaten Bantul, Helmi Jamharis disela-sela memantau pembagian Kartu Keluarga Sejahtera di Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Senin (27/4).

 

Baca Juga: Pemkab Sleman Janji Verifikasi Nama BLT Dana Desa Selesai Minggu Ini

1. Setiap penerima Kartu Keluarga Sejahtera akan mendapatkan bantuan selama 9 bulan‎

Bagikan Kartu Keluarga Sejahtera, Sekda Bantul: Jangan Ada Konflik Sekda Bantul Helmi Jamharis. IDN Times/Daruwaskita

Helmi yang juga sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Infeksi COVID-19 Kabupaten Bantul, menjelaskan keluarga yang mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera akan mendapatkan bantuan senilai Rp200 ribu per bulan selama 9 bulan. Bantuan akan dimulai bulan April hingga Desember 2020 mendatang.

"Saya berharap masyarakat yang mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera bisa memanfaatkan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan pokok yang saat ini sangat diperlukan," ucapnya.

2. Besaran dana Rp200 ribu harus disyukuri‎

Bagikan Kartu Keluarga Sejahtera, Sekda Bantul: Jangan Ada Konflik Warga mengantri untuk mengambil Kartu Keluarga Sejahtera. IDN Times/Daruwaskita

Besaran dana bantuan Rp200 ribu, diakuinya jauh dari kata cukup namun diharapkan mampu meringankan beban. Oleh karena Helmi berpesan, bantuan tersebut tidak menjadikan konflik di masyarakat karena ada warga yang tidak mendapatkan atau menginginkannya. 

"Jadi warga yang sudah mendapatkan, bersyukurilah dan yang belum mendapatkan mudah-mudah pemerintah akan memberikan program lain agar beban kehidupannya bisa terkurangi," jelasnya.

3. Semua penerima Kartu Keluarga Sejahtera ditentukan oleh Kemensos‎

Bagikan Kartu Keluarga Sejahtera, Sekda Bantul: Jangan Ada Konflik Salah satu warga Bantul penerima Kartu Keluarga Sejahtera. IDN Times/Daruwaskita

Lebih jauh Helmi mengatakan nama penerima Kartu Keluarga Sejahtera ini merupakan warga yang masuk dalam Data Terpadu Keluarga Sejahtera yang ada di Kemensos. 

"Jumlah 20.469 yang ada di Bantul semuanya ditentukan oleh Kemensos. Kita hanya punya kewajiban mendistribusikan kepada warga Bantul yang berhak," tambahnya.

Baca Juga: 10 Restoran dan Katering untuk Sahur dan Buka Puasa di Yogyakarta

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya