3 Agenda Wisata Hari Ini di Pantai Selatan Jogja dan Purworejo‎

Festival Layangan akan meriahkan Pantai Ketawang Purworejo

Bantul, IDN Times - ‎Tim SAR Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hari ini, Sabtu (27/8/2022), akan menggelar upacara di tengah laut Pantai Baron, Kabupaten Gunungkidul, dalam rangka memperingati satu dasawarsa Undang-Undang Keistimewaan DIY. Upacara yang rencana akan digelar pada 31/8/2022 namun karena diprediksi pada tanggal tersebut gelombang tinggi maka diajukan pada hari ini.

"Rencana awal upacara akan kita gelar pada 31 Agustus 2022 namun kita ajukan pada hari ini, Sabtu," kata Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Marjono, Sabtu.

1. Digelar kenduri sebelum upacara di tengah laut

3 Agenda Wisata Hari Ini di Pantai Selatan Jogja dan Purworejo‎Ilustrasi tradisi kenduri.(IDN Times/Daruwaskita)

Sebelum pelaksanaan upacara di tengah laut, akan digelar terlebih dahulu kenduri di aula pelataran Pantai Baron. Selanjutnya baru dilakukan arak-arakan menuju kapal untuk pelaksanaan upacara di tengah laut. Acara dilanjutkan dengan melarung 10 tumpeng dan upacara.

"Berbeda dengan upacara HUT Kemerdekaan RI ke 77 di mana peserta berenang menuju tengah laut, namun kali ini menggunakan perahu semua," ucap Marjono.‎

Pada upacara di tengah laut, akan dilakukan pelepasan balon ke udara dan Tim SAR akan membentuk formasi angka 10 yang menunjukkan angka satu dasawarsa UU Keistimewaan DIY.

"Peserta SAR Satlinmas Wilayah I hingga VII dan menggunakan 20 perahu nelayan," katanya.

Baca Juga: 8 Agenda Wisata Bulan September di Jogja, Jangan Sampai Ketinggalan!

2. Festival Kuliner Mataraman di Laguna View Pantai Depok‎

3 Agenda Wisata Hari Ini di Pantai Selatan Jogja dan Purworejo‎Festival Kuliner Mataram 2022 di Laguna View Pantai Depok.(Dok Dinpar Bantul)

Sementara itu, Festival Kuliner Mataraman akan berlangsung di Laguna View Pantai Depok, Kabupaten Bantul, pada 27--28 Agustus 2022 sebagai bagian dari peringatan satu dasawarsa UU Keistimewaan DIY. Sebanyak 50 stan kuliner akan menyajikan berbagai makanan dulu hingga saat ini yang masih dijajakan oleh masyarakat di Bantul.

"Selain itu ada pertunjukan musik dan setiap stan akan turut ditampilkan proses memasak kuliner di hadapan pengunjung," kata Kasi Promosi dan Informasi Wisata Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi, Sabtu.

3. Festival Layang Layang Purworejo 2022 ‎

3 Agenda Wisata Hari Ini di Pantai Selatan Jogja dan Purworejo‎Ilustrasi Festival Layang Layang Purworejo 2022.(Dok Istimewa) ‎

Markus Purnomo Adi yang juga anggota Komunitas Pelayang Indonesia (Pelangi) DIY, mengatakan pada hari Sabtu (27/8/2022) hingga Minggu (28/8/2022) juga akan digelar Festival Layang-Layang Purworejo 2022 di Pantai Ketawang, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Festival layang-layang ini akan mengundang 40 klub yang berasal dari tiga negara dan sejumlah provinsi di Indonesia, seperti Jatim, Jabar, Lampung, Jateng, DIY, dan DKI. Selain itu, layang-layang akan dilombakan dengan kategori tradisional, dua dimensi, tiga dimensi dan train naga.

"Setiap kategori akan diambil lima pemenang. Festival Layang Layang Purworejo akan dimulai pada pukul 09.30 WIB hingga selesai," katanya.

Baca Juga: Mulai Besok Sabtu, Ada Festival Kuliner dan Keroncong di Pantai Bantul

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya