92 Lokasi di Gunungkidul Terdampak Bencana Angin Kencang

Rumah warga di Bantul juga rusak akibat hujan angin

Gunungkidul, IDN Times - Sedikitnya 92 lokasi terdampak angin kencang yang berlangsung pada Rabu (3/1/2024) di Kabupaten Gunungkidul. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mengatakan, jumlah lokasi yang terdampak angin kencang bisa bertambah sebab hingga Rabu (3/1/2024) pendataan masih berlangsung di lapangan.

"Sampai pukul 18.00 WIB, ada 92 lokasi yang terdampak angin kencang," ucap Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Purwono, pada Rabu (3/1/2024) malam.

1. Wilayah yang terdampak angin kencang

92 Lokasi di Gunungkidul Terdampak Bencana Angin Kencangilustrasi pohon kelapa saat badai (pexels.com/guilherme-christmann)

Menurut Purwono, wilayah yang terdampak angin kencang meliputi Kapanewon Gedangsari, Patuk, Ngawen, Nglipar, Semin, Karangmojo, Wonosari, dan Playen. Angin kencang telah menyebabkan pohon tumbang menimpa rumah hingga bangunan lainnya serta jaringan listrik.

"Tim Reaksi Cepat sudah turun ke lapangan untuk membantu masyarakat yang terdampak angin kencang," ucapnya.

2. Musim pancaroba sering timbulkan cuaca ekstrem

92 Lokasi di Gunungkidul Terdampak Bencana Angin KencangIlustrasi rumah yang rusak akibat hujan lebat dan angin kencang. (ANTARA)

Pihaknya berharap masyarakat tetap tenang sebab masa pancaroba seperti saat ini muncul cuaca yang ekstrim seperti angin kencang.

"Angin kencang sering terjadi saat musim pancaroba seperti saat ini," tandasnya.

Baca Juga: Pergerakan Warga ke Jogja Lampaui Prediksi Kementerian Perhubungan

3. Hujan dan angin kencang sebabkan rumah warga rusak hingga kecelakaan tunggal

92 Lokasi di Gunungkidul Terdampak Bencana Angin KencangKasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry.(IDN Times/Daruwaskita)

Tak hanya di Kabupaten Gunungkidul, hujan disertai angin kencang juga menimpa wilayah Kabupaten Bantul. Kejadian tersebut menyebabkan pohon tumbang dan tiang listrik roboh serta rumah warga rusak tertimpa pohon tumbang.

"Di Pancuran, Terong, Dlingo, pohon tumbang sekitar pukul 14.00 WIB menimpa tiang listrik. Pada pukul 15.00 WIB angin kencang menyebabkan pohon tumbang dan rumah warga di Kalurahan Selopamioro, Imogiri mengalami kerusakan," ujar Kasi Humas Polres Bantul l, AKP I Nengah Jeffry, Rabu (3/1/2024) petang.

Jeffry juga mengungkap hujan lebat juga menyebabkan kecelakaan lalu lintas di Jalan Ring Road Barat Bantul, tepatnya di tikungan depan Car Fix, Kasihan.

"Sebuah mobil mengalami laka tunggal akibat jalan licin karena hujan deras," ungkapnya. 

Baca Juga: Jumlah Wisatawan Berlibur ke Gunungkidul Naik 100 Persen

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya