Comscore Tracker

90 Persen Wisatawan Main di Pantai saat Libur Lebaran, Ini Alasannya

Kunjungan wisatawan ke pantai jadi pemasok utama PAD

Bantul, IDN Times - ‎Selama libur Lebaran, pantai di Kabupaten Bantul menjadi destinasi wisata paling favorit di kunjungi wisatawan. 

Data Dinas Pariwisata Bantul, kunjungan wisatawan selama libur Lebaran di Bumi Projotamansari mencapai 240.214 orang, didominasi kedatangan wisatawan yang berkunjung ke pantai selatan (Pansela), khususnya Pantai Parangtritis.

1. Sebanyak 90 persen wisatawan yang datang ke Bantul mengunjungi pantai selatan

90 Persen Wisatawan Main di Pantai saat Libur Lebaran, Ini AlasannyaKepala Seksi Promosi dan Pelayanan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi. (dok. istimewa)

Kepala Seksi Promosi dan Informasi, Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi tak membantah kunjungan wisatawan ke pantai selatan sebagai pemasok utama pendapatan asli daerah.

"Hampir 90 persen wisatawan yang berkunjung ke Bantul tujuan utamanya pantai selatan khususnya Pantai Parangtritis," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (13/5/2022).

Baca Juga: Libur Lebaran, Pantai Parangtritis Masih Jadi Tempat Favorit Wisatawan

2. Kecelakaan laut tak menyurutkan wisatawan berkunjung ke pantai

90 Persen Wisatawan Main di Pantai saat Libur Lebaran, Ini AlasannyaEvakuasi jenazah korban laka laut Pantai Parangtritis di Pantai Gua Cemara Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Menurutnya beberapa peristiwa kecelakaan laut yang terjadi di pantai Bantul tidak berdampak pada jumlah kunjungan wisatawan. 

"Adanya kecelakaan laut di Pantai Parangtritis atau pantai lainnya di Bantul tak signifikan memengaruhi kunjungan wisatawan ke pantai," ucapnya.

Pria yang disering disapa Ipung ini mengaku walau tidak ada inovasi baru di pantai, namun tidak menurunkan animo wisatawan untuk berkunjung.

"Praktis selama dua tahun ini tidak ada inovasi baru di objek wisata Pansela Bantul, paling banter hanya menyiapkan sarana dan prasarana penunjang protokol kesehatan,"ucapnya.

3. Suasana pantai yang dinamis membuat wisatawan betah

90 Persen Wisatawan Main di Pantai saat Libur Lebaran, Ini AlasannyaPengunjung Pantai Parangtritis. (IDN Times/Daruwaskita)

Ipung menilai suasana pantai yang dinamis dengan deburan ombak dan keinginan wisatawan untuk bermain air laut menjadi daya tarik kuat, sehingga wisatawan tak bosan untuk datang kembali. 

"Suasana yang selalu berganti ini yang menyebabkan wisatawan tetap kangen datang ke objek wisata pantai. Coba saja wisatawan yang berkunjung ke wisata alam lainnya pasti hanya sekali saja. Mereka bosan karena yang dilihat hanya itu-itu saja," ucap Ipung.

 

Baca Juga: 'Los Dol', Petugas Kewalahan Awasi Prokes di Pantai Parangtritis

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya