2 Wisatawan Meninggal Terseret Ombak Pantai Parangtritis

Dua korban meninggal saat ditangani di RS

Intinya Sih...

  • Dua wisatawan asal Jakarta meninggal dunia setelah kecelakaan tenggelam di Pantai Parangtritis.
  • Tiga korban lainnya dievakuasi dan satu masih dalam penanganan medis di RSUD Panembahan Senopati Bantul.
  • Identitas korban masih dalam pencarian informasi, mereka merupakan tamu dari Hotel Queen Resort dan berasal dari Jakarta.

Bantul, IDN Times -  Lima wisatawan asal Jakarta mengalami kecelakaan tenggelam di Pantai Parangtritis pada Rabu (10/7/2024) sekitar pukul 10.00 WIB. Dua di antaranya dinyatakan meninggal dunia setelah dilarikan ke RSUD Panembahan Senopati Bantul, sementara satu korban lainnya masih dalam penanganan medis. Tim SAR berhasil menyelamatkan dua orang lainnya yang dalam kondisi syok menyaksikan tiga rekannya dalam keadaan tidak sadar saat evakuasi.

1. Kelima korban bermain air pada daerah palung

2 Wisatawan Meninggal Terseret Ombak Pantai ParangtritisPengunjung berwisata di Pantai Parangtritis, Bantul, DI Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah III Bantul, Muhammadiyah Arief Nugraha, mengatakan kejadian nahas tersebut berawal saat lima wisatawan tersebut datang ke Pantai Parangtritis sekitar pukul 09.00 WIB.

"Kelima korban selanjutnya bermain air laut yang berada di daerah palung dan kemudian terseret ke tengah laut," katanya," Rabu (10/7/2024).

2. Dua korban meninggal dunia di RSUD Panembahan Senopati Bantul

2 Wisatawan Meninggal Terseret Ombak Pantai ParangtritisIlustrasi jenazah (IDN Times/Mia Amalia)

Melihat wisatawan terseret gelombang, petugas SAR segera memberikan pertolongan. Semua korban berhasil dievakuasi ke pantai, namun tiga di antaranya harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis.

"Awalnya tiga korban dilarikan ke Klinik Dharma Husada Kretek namun kemudian dirujuk ke RSUD Panembahan Senopati Bantul," ucap Arief.

Dalam penanganan di RSUD Panembahan Senopati, dua korban dinyatakan meninggal dunia, sementara satu korban lainnya masih dalam penanganan.

"Dua wisata dinyatakan meninggal dunia, seorang lagi masih dalam penanganan," ucapnya.

Baca Juga: Bermain di Daerah Palung, 3 Remaja Terseret Ombak Pantai Parangtritis

3. Identitas korban masih dalam pencarian

2 Wisatawan Meninggal Terseret Ombak Pantai ParangtritisIlustrasi wisatawan di Pantai Parangtritis.pinterest

Untuk identitas lima korban selamat dan meninggal, Arief mengatakan pihaknya masih melakukan pencarian informasi, karena korban yang selamat dan keluarga lainnya belum bisa dimintai keterangan.

"Yang jelas mereka tamu dari Hotel Queen Resort, ada hubungan keluarga dan berasal dari Jakarta," tuturnya.

Baca Juga: Rip Current, Arus Tarik Mematikan yang Ada di Pantai Selatan Jogja

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya