TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Untoro-Wahyudi Raih Dukungan Pengasuh Ponpes Krapyak Bantul

Ratusan seniman dukung Joko Purnomo-Rony Wijaya 

Ilustrasi pilkada serentak. (IDN Times/Mardya Shakti)

Intinya Sih...

  • Ratusan seniman dan budayawan mendukung pasangan Joko Purnomo-Rony Wijaya dalam Pilkada Bantul 2024.
  • Pasangan calon nomor urut 2, Abdul Halim Muslih dan Aris Suharyanta, didukung oleh lebih dari 50 organisasi relawan tanpa koordinasi khusus.
  • KHR Chaidar Muhaimin Afandi atau Gus Kendar mengajak alumni dan jamaah Pondok Krapyak untuk mendukung pasangan Untoro-Wahyudi.

Bantul, IDN Times - Berbagai elemen masyarakat mulai dari komunitas seni, budayawan, hingga tokoh masyarakat turut memberikan dukungan kepada tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Bantul.

Pasangan calon nomor urut 1, Untoro-Wahyudi, mendapat dukungan dari pengasuh pondok pesantren di Krapyak. Sementara itu, pasangan nomor urut 2, Abdul Halim Muslih dan Aris Suharyanta, didukung oleh sekitar 50 organisasi relawan. Pasangan nomor urut 3, Joko Purnomo dan Rony Wijaya, mendapat dukungan kuat dari ratusan seniman dan budayawan di Bantul.

1. Pengasuh ponpes Krapyak dukungan Untoro-Wahyudi

Calon wakil bupati Bantul, Wahyudi Anggoro Hadi.(IDN Times/Daruwaskita)

Pengasuh Pondok Pesantren Munawwir, Krapyak, KHR Chaidar Muhaimin Afandi atau akrab disapa Gus Kendar, mengatakan sudah mencermati dan mengamati perkembangan politik terkait Pilkada Bantul 2024. Dirinya pun mengajak seluruh alumni dan jamaah Krapyak untuk mendukung pelaksanaan pilkada dengan cara yang baik dan bermartabat.

"Mayoritas keluarga besar Pondok Krapyak mendukung dan merestui majunya pasangan Untoro Hariadi dan Wahyudi Anggoro Hadi, sebagai calon Bupati-Wakil Bupati Bantul 2024-2029," ujarnya.

Selain itu, Gus Kendar juga mengajak alumni dan jamaah untuk bersama-sama memenangkan pasangan Untoro-Wahyudi dalam Pilkada Bantul 2024.

2. Puluhan organisasi relawan dukung Abdul Halim Muslih dan Aris Suharyanta

Cabub Bantul, Abdul Halim Muslih menaiki mobil hias perahu. (IDN Times/Daruwaskita)

Calon Wakil Bupati Bantul nomor urut 2, Aris Suharyanta, mengungkapkan bahwa ada lebih dari 50 organisasi relawan yang menyatakan mendukung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih dan dirinya, tanpa adanya koordinasi khusus.

"Ini murni aspirasi dari masyarakat yang ingin mendukung paslon Abdul Halim Muslih dan Aris Suharyanta," ujarnya.

Aris menambahkan bahwa dukungan ini datang langsung dari masyarakat. "Kita hanya menerima apa yang menjadi keinginan dan aspirasi masyarakat Bantul," tuturnya.

Baca Juga: Jadi Pjs Bupati Bantul, Adi Bayu: Petahana Ikut Pilkada Wajib Cuti!

3. Ratusan seniman dan budayawan di Bantul dukung Joko Purnomo-Rony Wijaya

Seniman dan budayawan dukung Paslon cabup-cawabup, Joko Purnomo -Rony Wijaya.(IDN Times/Daruwaskita)

Ratusan seniman dan budayawan turut menyatakan dukungannya kepada calon Bupati dan Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo-Rony Wijaya. Deklarasi tersebut dilakukan dalam acara Ngudo ROSO di Rumah Aspirasi Joko-Rony Wijaya, Kapanewon Pajangan, Bantul, pada Selasa (24/9/2025) malam.

Dunadi, seniman Bantul sekaligus pemilik pendopo Art Space di Jalan Ring Road Selatan, Kapanewon Sewon, menyampaikan bahwa program-program Joko Purnomo, calon bupati nomor urut 3, sejalan dengan aspirasi yang selama ini disuarakan oleh para seniman dan budayawan.

"Program Pak Joko ketika nantinya menjadi bupati Bantul akan merangkul seniman sangat luar biasa. Sebab seniman merupakan aset yang luar biasa bagi Bantul," ucapnya.

Dunadi juga menambahkan bahwa budaya Bantul merupakan pintu gerbang budaya Yogyakarta. Program Joko-Rony diyakini mampu memberikan solusi bagi aspirasi seniman dan budayawan yang selama ini terhambat. "Kita mendukung Pak Joko dan kedepannya lebih sukses lagi," tandasnya.

Baca Juga: Foto Penetapan Nomor Urut Cabup-Cawabup Bantul, Meriah!

Verified Writer

Hironymus Daruwaskita

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya