TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kabupaten Sleman Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Utama

Jamin pemenuhan hak anak dan perlindungan

Kabupaten Sleman meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Utama. (Dok. Istimewa)

Sleman, IDN Times - Kabupaten Sleman kembali meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Utama. Penghargaan ini diberikan kepada kabupaten/kota dengan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan. 

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati, kepada Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, pada acara penganugerahan apresiasi KLA tahun 2023 di Hotel Padma, Semarang, Jawa Tengah.

1. Sleman raih penghargaan dua kali beruntun

Kabupaten Sleman meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Utama. (Dok. Istimewa)

Kabupaten Sleman berhasil meraih penghargaan KLA kategori Utama sebanyak dua kali secara beruntun, sebelumnya juga meraih penghargaan serupa di tahun 2022. Penghargaan ini diberikan kepada kabupaten/kota dengan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan. 

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengaku bangga sekaligus mengapresiasi semua pihak yang telah berkontribusi dalam rangka mendukung program-program KLA di Kabupaten Sleman. Ia berharap penghargaan ini menjadi motivasi seluruh stakeholder untuk terus meningkatkan kinerjanya, sehingga Kabupaten Sleman bisa menjadi Kabupaten Layak Anak.

"Kami akan terus berupaya meningkatkan prestasi ini, sehingga Kabupaten Sleman bisa jadi Kabupaten Layak Anak untuk melindungi hak-hak anak di Kabupaten Sleman," ucapnya.

Baca Juga: Bantul Raih Kategori Utama Penganugerahan Kabupaten Layak Anak 2023 

2. Penilaian melibatkan tim independen

Kabupaten Sleman meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Utama. (Dok. Istimewa)

Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati atau yang juga dikenal dengan nama Bintang Puspayoga, mengucapkan selamat serta terima kasih kepada pemerintahan daerah, khususnya yang berhasil meraih penghargaan KLA dengan berbagai kategori. Menurutnya evaluasi KLA ini dilakukan dengan melibatkan Kementerian Lembaga terkait, Pakar Anak, Perguruan tinggi dan mendengarkan suara anak atau aspirasi anak terhadap pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak di wilayahnya.

"Para peraih penghargaan patut berbangga, sebab hasil evaluasi tidak hanya dinilai oleh pemerintah pusat dan provinsi saja, tapi juga melibatkan tim independen yang kredibel, di antaranya terdiri dari para pakar di bidang anak dan perwakilan dari perguruan tinggi," jelasnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kedai Es Buah di Sleman, Segarnya Bikin Nagih

Berita Terkini Lainnya