TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cegah Kasus Polio, Dinkes DIY Gencarkan Imunisasi dan PHBS

Vaksinasi dan hidup bersih sehat jadi kunci

Ilustrasi Imunisasi polio. (ANTARA /Saiful Bahri)

Yogyakarta, IDN Times - Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (Dinkes DIY) mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai salah satu upaya mencegah polio. Selain itu vaksinasi di wilayah Kabupaten Sleman juga digencarkan.

Diketahui Sleman saat ini tengah melaksanakan Sub-Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio. Putaran pertama Sub-PIN Polio digelar pada 15-20 Januari 2024 dan putaran kedua pada 19-24 Februari 2024.

"Target 95 persen dalam putaran 1 (waktu 1 minggu). Sudah tercapai 39,3 persen sampai hari kemarin (Selasa 16 Januari 2024)," ujar Kepala Dinkes DIY, Pembajun Setyaningastutie, Rabu (17/1/2024).

1. Sub-PIN Polio salah satu langkah cegah polio

Pencegahan Polio (Instagram.com/ayosehat.kemkes)

Pembajun mengatakan pelaksanaan Sub-PIN Polio di Sleman merupakan salah satu langkah mencegah polio yang dilakukan. Selain itu pihaknya juga meningkatkan promosi PHBS di kalangan masyarakat.

Selain itu meningkatkan surveilans kesehatan terutama penemuan NonAFP (non polio acute flacyd paralysis). Pembajun juga menyebut sejauh ini tidak ada kasus polio di DIY. "Tidak ada kasus polio di DIY," ujar Pembajun.

2. Imbau masyarakat hidup bersih dan sehat

Ilustrasi edukasi kesehatan mengenai PHBS. (IDN Times/Dhana Kencana)

Pembajun mengingatkan kepada masyarakat PHBS menjadi satu hal yang penting. Sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat juga terus dikampanyekan tidak hanya di Kabupaten Sleman, tapi juga di kabupaten/kota lain di DIY.

"Stop buang air besar sembarangan. Cuci tangan pakai sabun. Pengelolaan sampah (yang baik) khususnya pampers," himbau Pembajun.

Baca Juga: Guru Besar Bidang Kesehatan Anak UGM Ingatkan Bahaya Polio

Berita Terkini Lainnya