Profil Prof Koentjoro, Guru Besar UGM Pembaca Petisi Bulaksumur

UGM menyuarakan keprihatinan terhadap Pemerintahan Jokowi

Pada sore Rabu (31/1/2024), sejumlah anggota sivitas akademika Universitas Gadjah Mada (UGM) yang terdiri dari guru besar, dosen, mahasiswa, dan alumni berkumpul di Balairung UGM. Mereka menggelar pertemuan untuk menyampaikan keprihatinan mendalam terhadap tindakan Presiden Joko Widodo yang dinilai keluar jalur, melalui pembacaan sebuah petisi yang dikenal dengan Petisi Bulaksumur.

Dalam petisi tersebut, sivitas akademika UGM, yang diwakili oleh Profesor Koentjoro, menyuarakan keprihatinan terhadap dinamika politik nasional dan pelanggaran etika yang terjadi selama pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Siapakah Prof Koentjoro, sosok bersuara lantang yang membacakan Petisi Bulaksumur itu?

1. Profil singkat Prof Koentjoro

Profil Prof Koentjoro, Guru Besar UGM Pembaca Petisi BulaksumurSivitas akademika UGM yang terdiri dari guru besar, dosen, mahasiswa dan alumni berkumpul di Balairung UGM, Rabu (31/1/2024), (Humas UGM)

Prof Koentjoro Soeparno adalah seorang profesor psikologi di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta yang lahir pada tanggal 27 Februari 1955 di Yogyakarta. Dia meraih gelar S1 di Fakultas Psikologi UGM sebelum melanjutkan studi S2 di Bidang Ilmu Perilaku di LaTrobe, Australia.

Dedikasi pendidikannya tidak berhenti di situ, Koentjoro memperoleh gelar S3 di Bidang Pekerjaan Sosial & Kebijakan Sosial, juga di LaTrobe, Australia. Selain itu, ia mengikuti kursus singkat dalam Bidang Pengawasan Obat di Victoria University, Australia.

2. Mata kuliah yang diampu Prof Koentjoro

Profil Prof Koentjoro, Guru Besar UGM Pembaca Petisi BulaksumurProf. Koentjoro Soeparno Ketua Dewan Guru Besar UGM Yogyakarta dan juga pengajar di Fakultas Psikologi (Dok. https://acadstaff.ugm.ac.id/koentjoro)

Dikutip dari situs resmi Fakultas Psikologi UGM, dalam ranah akademisnya, Prof. Drs. Koentjoro fokus pada bidang Relasi Sosial dan Psikologi Pendidikan. Sebagai pengajar, dia memiliki pengalaman mengajar beberapa mata kuliah, antara lain:

  • Psikologi Sosial
  • Psikologi Lingkungan & Energi
  • Psikologi Komunitas & Perubahan Sosial
  • Metodologi Penelitian Kualitatif
  • Patologi Sosial

Baca Juga: Petisi Bulaksumur: UGM Dorong Presiden Jokowi ke Jalur Demokrasi

3. Buku, jurnal dan karya yang dihasilkan Prof Koentjoro

Profil Prof Koentjoro, Guru Besar UGM Pembaca Petisi Bulaksumurilustrasi buku di perpustakaan (pexels.com/Polina Zimmerman)

Sebagai peneliti yang produktif, Prof. Drs. Koentjoro telah menyumbangkan pemikiran dan pengetahuannya melalui berbagai publikasi di jurnal-jurnal terkemuka. Tiga jurnal terakhir yang mencatat karyanya adalah:

  1. Saliyo., Koentjoro., Subandi. (2023). "The Teachings of The Naqsabandiyah Khalidiyah Tarekat as a therapy to improve worship: Psychology of counseling." (Journal for the Study of Religions and Ideologies, 22(65)).
  2. Avezahra, M., & Koentjoro, K. (2022). "Perspective of Justice among Advocates of Rape Victims." (Jurnal Psikologi, 49(2), 123-143).
  3. Pedro, H., Koentjoro, Meiyanto, S., & Andayani, B. (2021). "Transformation of women’s leadership through producing natural-dyed hand-woven fabrics (ethnographic study on Palue weavers)." (Gaceta Sanitaria, 35, S554–S557).

Selain aktif dalam penelitian, Prof. Drs. Koentjoro juga terlibat dalam penerbitan buku dan bab dalam buku yang relevan. Sebagai contoh, dia terlibat dalam buku "Pidana Mati Berdasarkan Asumsi: Kajian Putusan Perkara Ferdy Sambo & Putri Candrawathi" (Penerbit Litera, 2023) dan bab dalam buku "Persepsi, Pengetahuan dan Kesiapan Warga Terhadap Bencana: Suatu Pendekatan Psikologi."

Koentjoro juga dikenal sebagai individu yang berkontribusi dalam penulisan dan penyuntingan dalam topik-topik seperti psikologi sosial, psikologi keluarga, prostitusi, perilaku seksual, dan perubahan sosial.

Baca Juga: Jokowi Dapat Nominasi Alumnus UGM Paling Memalukan dari BEM

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya