Transportasi Air di IKN Diminta Hijau, Gapasdap: PR-nya Banyak

Salah satunya, wireless charger di tiap dermaga

Intinya Sih...

  • Kementerian Perhubungan RI mengajak Gapasdap untuk berpartisipasi membuka lintasan angkutan nondarat di IKN, Kalimantan Timur
  • Gapasdap diminta menggunakan armada ramah lingkungan dan mempersiapkan infrastruktur sarana dan prasarana
  • Direktur Jenderal Perhubungan Darat mendorong pemanfaatan teknologi agar transportasi air lebih mudah diakses oleh masyarakat

Yogyakarta, IDN Times - Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) diminta Kementerian Perhubungan RI untuk berpartisipasi dalam membuka lintasan angkutan nondarat di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Kesempatan ini tak datang cuma-cuma. Ada syarat yang harus dipenuhi, yakni memakai armada ramah lingkungan.

1. Kesiapan infrastruktur masih perlu digenjot sana-sini

Transportasi Air di IKN Diminta Hijau, Gapasdap: PR-nya BanyakIlustrasi. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat pergerakan kendaraan dan penumpang yang dilayani sebanyak 26.122 orang. (Dok/Humas ASDP).

Ketua Umum Gapasdap Khoiri Soetomo mengatakan, pengembangan kawasan IKN ke depan disinyalir mampu jadi salah satu andalan peningkatan sektor perekonomian. Namun, untuk aspek pendukung seperti transportasi hijau, Khoiri menilai pemerintah masih harus menyiapkan berbagai infrastruktur sarana dan prasarananya.

"Tentunya harus ada infrastruktur yang disiapkan pemerintah, rasanya masih terlalu jauh karena untuk bangun infrastruktur seperti di Eropa itu tidak murah dan mudah," katanya dalam Rakernas di Kota Yogyakarta, Rabu (11/9/2024).

Musababnya, lanjut Khoiri, teknologi yang dibutuhkan sangat canggih di mana kapal tak lagi mengandalkan bahan bakar fosil. Salah satu yang paling vital adalah wireless charger di setiap dermaga untuk mendukung pengisian ulang baterai kapal agar lancar beroperasi.

"IKN ini cukup penting ke depan, tapi yang lebih penting adalah logistik bisa ditekan bukan hanya rendah untuk kepentingan perdagangan luar negeri saja, di dalam negeri juga dibutuhkan untuk menyambung 17 ribu pulau," papar Khoiri.

2. PR pemerintah cukup banyak, tak cuma di IKN

Transportasi Air di IKN Diminta Hijau, Gapasdap: PR-nya BanyakKapal Ferry Indonesia (facebook.com/ASDP Indonesia Ferry)

Menurut Khoiri, pemerintah juga masih perlu menambah dermaga mengantisipasi antrean kapal kala pengangkutan logistik maupun masyarakat. Khoiri melihat, dermaga yang tersedia sekarang masih sangat kurang sehingga sering kali membuat antrean panjang, terutama selama musim liburan.

Dia mencontohkan kondisi di luar IKN, seperti pada lintasan Merak-Bakauheni yang jumlah kapalnya mencapai mencapai 68 unit. Situasi itu tidak ditopang oleh jumlah dermaga yang ada di sana.

"Kalau satu pasang dermaga empat kapal, dengan tujuh pasang dermaga di sana hanya bisa 28 kapal, sisa 40 kapal yang bergiliran tunggu jadwal operasi. Itu kan mubazir ketika ada libur nasional ada antrean panjang," tuturnya.

Baca Juga: UGM-NUS Gelar Penelitian Pembangunan Kota Berkelanjutan bagi IKN

3. Percepat akses penyeberangan di IKN

Transportasi Air di IKN Diminta Hijau, Gapasdap: PR-nya BanyakTitik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim). (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan R,I Irjen Pol Risyapudin Nursin, sementara itu mendorong agar anggota Gapasdap ke depan mampu mengoptimalkan pemanfaatan teknologi agar transportasi air lebih mudah diakses oleh masyarakat banyak.

Di IKN sendiri, angkutan air memang diperlukan demi mempercepat proses penyeberangan, baik orang maupun barang.

"Untuk IKN memang butuh angkutan air yang maksimal dan memadai agar akses penyeberangan lebih cepat. Maka kami harap Gapasdap bisa hadir dan kami akan adakan program di 2025 di dermaga baik itu soal keamanan dan keselamatannya," ujar Risyapudin.

Baca Juga: Bandara IKN Masuk Proses Kalibrasi untuk Pastikan Aspek Keselamatan

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya