PT KAI Klaim Uji Coba Biodiesel ke Kereta Api Tanpa Masalah

Tak ada penurunan performa pada mesin KA

Intinya Sih...

  • PT KAI klaim tidak ada kendala dalam pengoperasian atau performa kereta api dengan B35 sebagai bahan bakar.
  • Kebutuhan bahan bakar KA mencapai 300 juta liter per tahun dan seluruhnya sudah menggunakan B35.
  • PT KAI siap mendukung pemerintah dalam meningkatkan bauran energi baru terbarukan di Indonesia dengan menyediakan alat uji untuk B40.

Yogyakarta, IDN Times - PT KAI (Persero) mengklaim tak ada kendala dalam pengoperasian atau performa kereta api (KA) selama uji coba pemakaian minyak solar dengan biodiesel 35 persen atau B35 sebagai bahan bakar KA. B35 ini telah diujicobakan ke sektor perkeretaapian sebelum B40 yang mulai diujiterapkan secara resmi pada Senin (22/7/2024).

"Sejauh ini (penggunaan biodiesel untuk bahan bakar KA) no issue," kata Vice President of Logistics PT KAI, Suryawan Putra Hia.

1. Konsumsi 300 juta liter sudah full B35

PT KAI Klaim Uji Coba Biodiesel ke Kereta Api Tanpa Masalahilustrasi penumpang kereta api. (Dok. Istimewa)

Menurut Suryawan, kebutuhan atau konsumsi bahan bakar kereta api yang mencapai 300 juta liter dalam satu tahun. Ia mengklaim seluruhnya juga sudah menggunakan B35.

"Kalau B35 sudah seratus persen, iya (300 juta liter)," katanya.

2. Siap beralih ke B40

PT KAI Klaim Uji Coba Biodiesel ke Kereta Api Tanpa MasalahBahan bakar bio diesel (dok.Kementrian ESDM RI)

Suryawan menuturkan, PT. KAI siap memberikan dukungannya kepada pemerintah dalam meningkatkan bauran energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia dengan menyediakan alat uji berupa genset dan lokomotif. Demikian pula untuk pengujian B40 yang resmi dilakukan pada 22 Juli bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Yang mana kan tujuannya dekarbonisasi, harapannya kan emisi yang kita gunakan karbonnya semakin rendah, termasuk tujuan pemerintah menggunakan energi terbarukan," imbuhnya.

Baca Juga: Uji Coba Perdana Pemakaian B40 untuk Bahan Bakar Kereta Api Bogowonto

3. Tantangan terbesar, B100

PT KAI Klaim Uji Coba Biodiesel ke Kereta Api Tanpa Masalahilustrasi penumpang kereta api. (Dok. Istimewa)

Suryawan selain itu yakin, pemakaian B40 pada kereta api juga tak akan berpengaruh signifikan pada kinerja mesin. Artinya, tidak ada penurunan performa pada mesin KA yang diujikan.

Uji terap terbatas B40 menggunakan mesin genset KA Bogowonto relasi Stasiun Lempuyangan–Pasar Senen selama sekitar 1.200 jam berdasarkan durasi persyaratan minimum penerapan biodiesel pada sektor perkeretaapian.

Dengan syarat waktu 1.200 jam tersebut, maka diperkirakan uji coba memakan waktu dua bulan dihitung berdasarkan durasi satu kali pulang-pergi KA Bogowonto dari Lempuyangan-Pasar Senen selama 22 jam.

Sekalipun optimis pemakaian B40 tak banyak berpengaruh pada kinerja mesin, Suryawan memahami uji terap ini masih tetap berjalan secara kontinu sampai hasilnya terlihat pada Desember mendatang.

"Nanti mungkin yang B100 yang challenge banget," imbuhnya.

Baca Juga: KAI Daop 6 Layani 3,2 Juta Penumpang selama Semester I 2024

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya