PDIP Mau Usung Anies Cagub Jakarta, Ganjar: Semoga Bisa Bernegosiasi

Tapi kalau tidak cocok, jangan dipaksakan

Sleman, IDN Times - Politikus PDIP, Ganjar Pranowo angkat bicara perihal partainya yang mulai memberikan sinyal untuk mengusung Anies Baswedan sebagai calon Gubernur DKI Jakarta.

Mantan calon presiden yang sempat bersaing dengan Anies di Pilpres 2024 itu berpendapat cocok tidaknya PDIP ditentukan lewat proses diskusi atau negosiasi kedua belah pihak.

"Mesti diobrolkan dan mudah-mudahan bisa bernegosiasi. Seandainya tidak cocok menurut saya juga tidak harus dipaksakan," kata Ganjar ditemui di Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Senin (17/6/2024).

 

 

1. PDIP bersikap terbuka

PDIP Mau Usung Anies Cagub Jakarta, Ganjar: Semoga Bisa BernegosiasiAnies Baswedan hadir di acara Ngobrol Seru by IDN Times pada Selasa (11/6/2024). (IDN Times/Tata Firza)

Ganjar menyebut wacana PDIP mengusung Anies merupakan wujud keterbukaan partainya untuk mengusung siapapun yang layak maju dalam pilkada, meski bukan berasal dari kader. Keterbukaan ditunjukkan adanya tahap rekruitmen yang diikuti dari proses seleksi dengan berbagai pertimbangan internal partai.

"Saya kira kita terbuka ya, ketika ada kader sendiri disiapkan, bagus kita siapkan. Kalau tidak pasti kita membuat kesepakatan, seandainya mendukung, atau mengusung calon dari luar, apa kemudian kesepakatan yang bisa kita ambil," ujar mantan gubernur Jateng itu.

 

2. Pastikan tak keluar jalur

PDIP Mau Usung Anies Cagub Jakarta, Ganjar: Semoga Bisa BernegosiasiCapres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo saat wawancara khusus dengan Pemred IDN Times, Uni Lubis (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Menurut Ganjar, kesepakatan yang dijalin antara PDIP, kandidat calon, dan pengusung lainnya untuk memastikan konsistensi kerja sama mereka.

"(Kesepakatan) nilai-nilai demokrasi, secara ideologis lah, bagaimana kita bersikap terhadap situasi yang sekarang makin tidak mudah," ujar Ganjar.

"Agar politisi yang kita dukung nanti bisa konsisten, bisa melihat bagaimana sejarah di awal dan menyamakan persepesi serta sikap agar ketika merespons situasi itu tidak ke kiri dan ke kanan, (tapi) lurus," sambungnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Parfum Usual Terbaik, Dipakai Ganjar Pranowo

3. Anies masuk radar PDIP

PDIP Mau Usung Anies Cagub Jakarta, Ganjar: Semoga Bisa Bernegosiasiyoutube.com/pdiperjuangan

Sebelumnya, Sekretaris DPD PDIP Perjuangan DKI Jakarta Pantas Nainggolan mengatakan sudah mengirimkan surat usulan bakal calon Gubernur DKI Jakarta ke DPP PDI Perjuangan. Pantas mengatakan terdapat 10 nama yang diusulkan DPD PDIP DKI Jakarta. Salah satu nama yang masuk dalam surat usulan itu adalah mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Sudah disampaikan semua nama-nama yang terjaring, termasuk Anies," ujar Pantas kepada jurnalis, Rabu (12/6/2024).

Pantas mengatakan, surat usulan nama-nama bakal calon Gubernur DKI Jakarta dikirim sebelum Rakernas V PDI Perjuangan akhir Mei 2024. Dari 10 nama itu, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan memilih satu kandidat yang cocok di Pilgub DKI Jakarta.

"Itu kan masih proses tahap awal, masih akan ada proses tahap berikutnya di DPP. Tinggal di DPP-nya digodog. Saat ini tidak ada satu partai pun yang bisa mengusung sendiri di DKI Jakarta. Nah kondisi seperti itu mau tidak mau kan harus menjadi pertimbangan, jadi tidak bisa juga ngotot-ngototan," katanya.

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya