LPSK Ungkap Nasib Permohonan Perlindungan Syahrul Yasin Limpo

LPSK bakal putuskan minggu depan

Sleman, IDN Times - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) tak kunjung mengabulkan permohonan perlindungan yang diajukan oleh Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Lalu, apa alasan LPSK belum mengabulkan permohonan perlindungan buat SYL yang kini terjerat dugaan kasus korupsi penempatan pegawai Kementerian Pertanian itu?

 

 

1. Masih ditelaah oleh LPSK

LPSK Ungkap Nasib Permohonan Perlindungan Syahrul Yasin LimpoGedung LPSK (IDN Times/Aryodamar)

Wakil Ketua LPSK Antonius Wibowo menyebut permohonan perlindungan yang diajukan pihak SYL sekitar tiga pekan lalu, hingga sekarang masih ditelaah oleh biro penelaahan permohonan LPSK.

"Setiap permohonan masuk itu diikuti dengan penelaahan, atau diikuti investigasi. LPSK mempunyai SOP bahwa investigasi ini akan berlangsung sekitar satu bulan. Permohonan dari Pak SYL itu kan belum ada satu bulan, jadi sekarang masih investigasi di sana," kata Antonius di Sleman, DIY, Kamis (23/11/2023).

2. Tak mau mendahului keputusan pimpinan lain

LPSK Ungkap Nasib Permohonan Perlindungan Syahrul Yasin LimpoGedung LPSK (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Antonius dalam hal ini juga belum mau mengira-ngira nasib permohonan perlindungan SYL. Alasannya, Antonius menghargai enam pimpinan LPSK lainnya dan enggan mendahului mereka untuk memastikan nasib permohonan SYL.

"Ketika investigasi itu selesai dilakukan oleh biro penelaahan permohonan, maka biro penelaahan permohonan itu akan melapor pada tujuh orang pimpunan LPSK," paparnya.

 

Baca Juga: Tersandung Kasus Dugaan Korupsi, UGM Jelaskan Status Eddy Hiariej

3. Bakal diputuskan pekan depan

LPSK Ungkap Nasib Permohonan Perlindungan Syahrul Yasin LimpoSyahrul Yasin Limpo Pakai Uang Korupsi untuk Perawatan Wajah dan Rumah (IDN Times/Aryodamar)

Selanjutnya, bola panas ada di tujuh orang pimpinan LPSK. Mereka yang menjadi penentu dikabulkan atau tidaknya permohonan perlindungan yang diajukan SYL. Keputusannya, kata Antonius, paling cepat pekan depan.

"Kira-kira dalam minggu depan sudah ada keputusan LPSK," tandasnya.

Surat pengajuan perlindungan yang dimohonkan SYL kepada LPSK beredar Oktober 2023 lalu. Dalam surat itu, tertulis SYL meminta perlindungan sebagai saksi dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi di Kementerian Pertanian. Surat itu diterima LPSK Jumat, 6 Oktober 2023, pukul 15.57 WIB.

Terdapat empat nama yang diajukan untuk mendapat perlindungan dari LPSK, yakni SYL, Muhammad Hatta, Panji Harjanto, dan Hartoyo.

Seperti diketahui, saat ini SYL tengah terjerat dugaan kasus korupsi penempatan pegawai Kementerian Pertanian yang sekarang tengah disidik KPK. Dia sudah mengajukan pengunduran diri dari posisi Mentan. Alasan SYL mundur karena sadar harus fokus menghadapi proses hukum yang menyeretnya.

Baca Juga: Syahrul Yasin Limpo Muncul di KPK Usai Firli  Bahuri Jadi Tersangka

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya