Lolos Uji, Tol Jogja-Solo Segmen Kartasura-Klaten Dipastikan Aman

Tol segera diresmikan oleh Presiden Jokowi

Intinya Sih...

  • Jalan Tol Jogja-Solo ruas Kartasura-Klaten diresmikan oleh Presiden Jokowi hari ini
  • PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) memastikan jalan tol telah memenuhi standar keselamatan dan teknis
  • Proses uji laik fungsi dilakukan untuk memastikan infrastruktur jalan tol siap beroperasi dengan kondisi yang memenuhi standar keselamatan

Sleman, IDN Times -Jalan Tol Jogja - Solo ruas Kartasura-Klaten diresmikan Presiden Joko Widodo hari ini, Kamis (19/9/2024). PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) memastikan Jalan Tol Jogja-Solo telah resmi mengantongi Sertifikat Laik Fungsi dan Sertifikat Laik Operasi setelah melalui serangkaian pengujian yang dilaksanakan tanggal 11-13 September 2024 kemarin.

Sertifikat ini sebagai bukti infrastruktur ini memenuhi standar keselamatan, teknis, dan operasional yang ditetapkan oleh Bina Marga, Kemenhub serta Korlantas Polri.

1. Memenuhi seluruh spesifikasi teknis

Lolos Uji, Tol Jogja-Solo Segmen Kartasura-Klaten Dipastikan AmanTol Jogja-Solo. (Instagram @jasamargajogjasolo_official)

Direktur Utama PT JMJ, Rudy Hardiansyah menuturkan uji laik fungsi ini adalah langkah krusial untuk memastikan Jalan Tol Jogja-Solo Tahap 1 Segmen Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 kilometer kini telah memenuhi seluruh spesifikasi teknis yang diperlukan.

"Jalan Tol Jogja-Solo Tahap 1 Segmen Kartasura-Klaten telah melalui seluruh tahapan penilaian laik fungsi secara teknis, administratif, dan sistem operasi tol," kata Rudy dalam keterangannya, Kamis (19/9/2024).

"Proses ini dilakukan oleh instansi berwenang, dan setelah lolos uji, tarif tol akan ditetapkan melalui Keputusan Menteri PUPR sesuai dengan peraturan yang berlaku," ujarnya.

2. Penuhi standar keselamatan dan siap dioperasikan

Lolos Uji, Tol Jogja-Solo Segmen Kartasura-Klaten Dipastikan Amanhttps://www.freepik.com/free-photo/road-forest_1242615.htm#query=highw

Rudy menambahkan, selama proses konstruksi, para kontraktor dan konsultan pengawas telah melakukan serangkaian pengujian teknis guna memastikan mutu beton, serta pemenuhan standar desain yang direncanakan.

Selepas melewati tiga tahun masa pembangunan, Jalan Tol Jogja - Solo Tahap 1 Segmen Kartasura-Klaten kini siap beroperasi dengan kondisi infrastruktur yang memenuhi standar keselamatan.

"Dengan mempertimbangkan perubahan alami akibat suhu, cuaca, dan beban kendaraan, kami tetap memastikan bahwa kualitas beton dan infrastruktur jalan tol ini tetap terjaga," kata Rudy.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Tol Solo-Jogja Sesi 1 Sejauh 22,3 KM

3. Pemeriksaan rutin pemenuhan standar pelayanan minimal

Lolos Uji, Tol Jogja-Solo Segmen Kartasura-Klaten Dipastikan AmanTol Jogja-Solo. (Instagram @jasamargajogjasolo_official)

Dalam menjaga keamanan dan kualitas layanan, PT JMJ melakukan pemeriksaan rutin terhadap pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Pemeriksaan ini mencakup kondisi jalan tol, kecepatan tempuh rata-rata, aksesibilitas, mobilitas, keselamatan, hingga pelayanan pertolongan dan penyelamatan di sepanjang koridor jalan tol. Langkah ini merupakan komitmen PT JMJ dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna Jalan Tol Yogyakarta-Solo.

"Pemeriksaan secara berkala juga akan terus dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan," ujar Rudy.

PT JMJ mengimbau kepada para pengguna jalan agar selalu memastikan kendaraan dalam kondisi prima, saldo uang elektronik cukup, dan mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan. Penting untuk berhati-hati dan mematuhi rambu lalu lintas, terutama di sekitar lokasi konstruksi yang masih berlangsung.

Baca Juga: Terkendala Lahan, Realisasi Jalur Sepeda Jalan Tol Jogja-Solo Tertunda

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya