Ganjar Pranowo Perkirakan PDIP Bakal di Luar Pemerintahan Prabowo

Keputusan diambil saat Rakernas PDIP akhir Mei

Sleman, IDN Times - Politikus PDIP Ganjar Pranowo memperkirakan partainya bakal mengambil posisi di luar pemerintahan capres-cawapres 2024 terpilih Prabowo-Gibran.

Mantan Capres 2024 itu menuturkan, untuk saat ini belum ada keputusan dari partainya, namun berdasarkan pernyataan Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri, memberikan gambaran sikap parpol banteng tersebut.

"Saya kira kalau lihat statement Bu Mega, rasanya iya, di luar pemerintahan. Kan kita tidak kenal (istilah) oposisi," kata Ganjar kala dijumpai di kediamannya, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, DIY, Kamis (25/4/2024).

 

 

 

1. Bagi Ganjar, PDIP idealnya tak gabung koalisi

Ganjar Pranowo Perkirakan PDIP Bakal di Luar Pemerintahan PrabowoGanjar Pranowo (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Ganjar pribadi menilai PDIP lebih ideal berada di luar pemerintahan Prabowo-Gibran. Pendapatnya itu ia utarakan ketika disinggung perihal kans ditawari jabatan menteri.

"Itu sudah saya jawab berkali-kali. Biar bedakan antara sikap politik dan penghormatan kepada pemenang. Saya menghormati pemenang, tapi sikap politik saya lebih baik kami di luar," tegas dia.

2. Wujudkan checks and balances

Ganjar Pranowo Perkirakan PDIP Bakal di Luar Pemerintahan PrabowoMegawati Soekarnoputri (instagram.com/presidenmegawati)

Bagi Ganjar, PDIP memilih berada di luar pemerintahan, salah satunya demi terciptanya mekanisme check and balances atau saling kontrol antarlembaga.

"Itu saya kira yang penting, biar tidak semuanya istilah Bahasa Jawanya anut grubyuk, semuanya ikut-ikut saja gitu. Tapi ada juga yang bisa melakukan kontrol dengan baik," pungkas Ganjar.

Baca Juga: Ganjar Ngaku Belum Terima Undangan dari KPU hingga Selasa Malam

3. Ditentukan saat rakernas bulan depan

Ganjar Pranowo Perkirakan PDIP Bakal di Luar Pemerintahan PrabowoSekjen PDIP, Hasto Kristiyanto bicara pertemuan Megawati-Prabowo. (IDN Times/Amir Faisol)

Diberitakan sebelumnya, PDIP menyatakan akan menentukan menjadi partai oposisi atau bergabung dengan pemerintahan Prabowo-Gibran bulan depan. Keputusan ini akan dibahas dalam rapat kerja nasional (rakernas) akhir Mei 2024.

"Kami melakukan pemetaan titik awal di dalam menyongsong agenda-agenda kepartaian ke depan, termasuk mempersiapkan Rapat Kerja Nasional ke-IV partai pada 24, 25, 26 Mei 2024 ini," ujar Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto di kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (22/4/2024).

Hasto mengatakan, dalam Rakernas IV akan ditentukan mengenai arah politik PDIP. Selain itu, isu strategis nasional dan internasional juga akan dibahas dalam rakernas.

 

Baca Juga: Filosofi Sayur Lodeh Kluwih, Makanan Wajib Ada di Keraton Jogja

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya