7 Kampus Dilibatkan Reforestasi Jantung IKN, Salah Satunya UGM

UGM melalui Wanagama dinilai jadi yang paling siap

Intinya Sih...

  • Tujuh perguruan tinggi di Indonesia akan melakukan reforestasi di kawasan inti pusat pemerintahan IKN, Kalimantan Timur.
  • UGM dipilih karena Wanagama dinilai sebagai kampus pertama yang siap dilibatkan dalam reforestasi jantung IKN.
  • Kawasan bekas hutan tanaman industri akan dipulihkan menjadi hutan tropis dengan kolaborasi perguruan tinggi dan masyarakat.

Sleman, IDN Times - Sebanyak tujuh perguruan tinggi di Indonesia bakal dilibatkan dalam upaya reforestasi atau penanaman kembali pohon di kawasan inti pusat pemerintahan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

"Ada tujuh perguruan tinggi negeri di Indonesia yang akan melakukan (reforestasi). Kami mengatakan sebagai 'pilot' ya. Mereka ini akan melakukan konsep reforestasi," kata Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan OIKN, Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi di UGM, Sleman, Jumat (9/9/2024).

 

 

1. UGM dinilai kampus paling siap lakukan reforestasi IKN

7 Kampus Dilibatkan Reforestasi Jantung IKN, Salah Satunya UGMSuasana pembangunan di kawasan IKN terkini. (IDN Times/Umi Kalsum)

Thomas melanjutkan, UGM sebagai salah satunya, dipilih lantaran mengelola hutan pendidikan Wanagama yang dinilai sebagai kampus pertama paling siap dilibatkan dalam reforestasi jantung IKN.

"Dan itu sebagai organisasi atau institusi perguruan tinggi pertama yang akan intervensi terkait lingkungan di IKN," ucapnya.

2. Kawasan inti IKN bakal dipulihkan menjadi hutan tropis

7 Kampus Dilibatkan Reforestasi Jantung IKN, Salah Satunya UGMSejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan proyek Memorial Park di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (7/8/2024). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Menurut Thomas, kawasan inti pusat pemerintahan IKN adalah bekas hutan tanaman industri (HTI), akan dipulihkan menjadi hutan tropis. Lahan akan dikembalikan dengan flora dan fauna seperti kondisi semula. Saat ini kawasan ditanami tanaman tunggal atau monokultur berupa ekaliptus.

Eksekusi pilot projek reforestasi melihatkan tujuh kampus ini, kata Thomas, tinggal menunggu persetujuan dari Plt Kepala OIKN, Basuki Hadimuljono. "Lahan sudah disiapkan, kami sudah menentukan di mana lokasinya, perizinan pun sudah kami siapkan," kata Thomas.

Baca Juga: Pengamat UGM Sebut Prabowo ke Luar Negeri Sinyal Pergeseran Politik

3. Pemicu kolaborasi pembangunan IKN

7 Kampus Dilibatkan Reforestasi Jantung IKN, Salah Satunya UGMSuasana pembangunan di kawasan IKN terkini. (IDN Times/Umi Kalsum)

Thomas yakin upaya reforestasi di kawasan jantung IKN bisa segera terwujud dengan semangat kolaborasi bersama masyarakat serta perguruan tinggi. Dia berharap keikutsertaan Wanagama akan menciptakan efek berantai menghidupkan kemitraan bersama kampus lain.

"Mudah-mudahan kalau UGM pertama Wanagama, itu menjadi trigger (pemicu) untuk yang lain dan kita berharap kolaborasi dengan masyarakat dengan perguruan tinggi negeri dalam semangat kolaborasi dapat kita wujudkan untuk membangun IKN," pungkas Thomas.

Baca Juga: Syahdunya Bunker Kaliadem, Wisata di Kaki Gunung Merapi 

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya