Seribu Warga Lokal Diundang ke Upacara HUT RI di IKN

Wapres dan Gibran upacara di Jakarta

Intinya Sih...

  • Upacara HUT ke-79 RI di IKN Kalimantan Timur akan dihadiri seribu warga lokal
  • Persiapan infrastruktur dasar, listrik, air, dan telekomunikasi untuk upacara 17 Agustus telah siap
  • Rapat kabinet perdana akan dilaksanakan di IKN dan dihadiri oleh semua menteri Kabinet Indonesia Maju

Sleman, IDN Times - Sebanyak seribu orang warga lokal bakal diundang ke acara upacara bendera peringatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur tanggal 17 Agustus 2024.

Deputi Pengendalian Pembangunan Otorita IKN atau OIKN, Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi menjelaskan pemerintah mengundang seribu warga untuk hadir langsung saat pelaksanaan upacara pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih.

"Masyarakat lokal kami akan undang pagi upacara pengibaran bendera seribu orang dan penurunan seribu orang," kata Thomas Umbu di UGM, Sleman, DIY, Jumat (9/8/2024).

1. Infrastruktur dasar hingga konektivitas siap

Seribu Warga Lokal Diundang ke Upacara HUT RI di IKNilustrasi upacara bendera (pexels.com/Rosyid Arifin)

Thomas turut memastikan segala detail telah dipersiapkan untuk pelaksanaan upacara 17 Agustus. Mulai dari infrastruktur dasar, kemudian jaringan listrik, air, telekomunikasi semua dinyatakan siap.

"Istana Presiden, Kantor Presiden, lapangan upacara, sekali lagi semua siap untuk menyongsong 17 Agustus," kata Thomas.

"Bahkan bicara konektivitas, jalan tol walaupun masih satu jalur, kita siapkan. Nanti muter, pulang lewat jalur eksisting," sambungnya.

2. Dimatangkan setelah rapat kabinet perdana

Seribu Warga Lokal Diundang ke Upacara HUT RI di IKNSejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan proyek Memorial Park di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (7/8/2024). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Menurut Thomas, perencanaan pelaksanaan upacara 17 Agustus nantinya juga akan dimatangkan setelah rapat kabinet perdana yang akan diselenggarakan di IKN.

Mengacu ke keterangan Menteri PUPR sekaligus Plt Kepala OIKN, Basuki Hadimuljono, rapat kabinet menteri Joko Widodo (Jokowi) - Ma'ruf Amin akan dilangsungkan perdana di Ibu Kota Nusantara, pada 12 Agustus mendatang.

"Terkait hunian, konektivitas semua kita ready, memanfaatkan Hotel Nusantara yang sudah ada di sana, BSH, kita bicara menyangkut dengan rumah tapak menteri, semua sudah kita siap bagaimana nanti para menteri, para duta besar dan para tamu undangan itu siap untuk melaksanakan upacara di IKN," ujar Thomas.

Baca Juga: 7 Kampus Dilibatkan Reforestasi Jantung IKN, Salah Satunya UGM

3. Jokowi di IKN sejak 11 Agustus

Seribu Warga Lokal Diundang ke Upacara HUT RI di IKNPotret Presiden Jokowi berkantor di Istana Presiden IKN (dok. Sekretariat Presiden)

Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) sekaligus Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono sebelumnya mengkonfirmasi sidang kabinet perdana di IKN Kalimantan Timur akan digelar pada 12 Agustus 2024.

Basuki menjelaskan semua menteri Kabinet Indonesia Maju akan hadir. Presiden Jokowi akan memimpin sidang dan dijadwalkan terlebih dahulu tiba di IKN pada sehari sebelumnya atau 11 Agustus 2024.

Jokowi akan mengikuti upacara peringatan HUT RI tanggal 17 Agustus 2024 nanti bersama presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sementara Wakil Presiden Ma'ruf Amin wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka upacara di Jakarta.

Pada tahun ini, upacara peringatan HUT RI memang diselenggarakan di dua lokasi, yakni di IKN dan Istana Merdeka, Jakarta. Upacara kemiliteran digelar di IKN, sedangkan hiburan rakyat digelar di Istana Merdeka.

Baca Juga: Istana Garuda IKN Bakal Berubah Warna Jadi Hijau, Mengapa?

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya