Ponsel Butet Kartaredjasa Dilumpuhkan Tak Bisa Dipakai Berkomunikasi

HP tak bisa diakses sejak Sabtu dini hari

Bantul, IDN Times - Alat komunikasi, ponsel seniman asal Jogja, Butet Kartaredjasa tak dapat digunakan. Tak hanya itu WhatsApp (WA) seniman yang terkenal dengan monolognya itu tidak bisa dipakai. 
Informasi tersebut disampaikannya akun Instagram miliknya @masbutet, pada Sabtu (9/12/2023). Butet mengunggah tulisan yang menyatakan sejak Sabtu pagi tadi, komunikasi dari handphonenya tidak bisa digunakan.

"HP/WA DILUMPUHKAN. Mulai pagi ini akses komunikasi kepadaku sedang dilumpuhkan. Silakan yang mau kontak ke nomor rumah atau nomor Bojo," ujar Butet dalam unggahan di Instagram, Sabtu (9/12/2023).

1. HP tak bisa diakses sejak Sabtu dini hari

Ponsel Butet Kartaredjasa Dilumpuhkan Tak Bisa Dipakai BerkomunikasiUnggahan Butet (Instagram/masbutet)

Menurut Butet, ia tak bisa mengkses WA miliknya pukul 03.00 WIB dini hari tadi. Sebelum itu, Butet melihat notifikasi semacam pembaharuan sistem operasi iOS di ponselnya

"Saya diminta ngisi OTP, saya ngisi OTP tiga kali. Padahal ngisinya sudah bener terus enggak bisa mengakses WA lagi setelah itu sampai sekarang," ujar Butet di kediamannya, Sabtu (9/12/2023)

2. Mendapat notifikasi dari WhatsApp

Ponsel Butet Kartaredjasa Dilumpuhkan Tak Bisa Dipakai BerkomunikasiButet Kartaredjasa (IDN Times/Ervan)

Butet mengungkapkan dirinya mendapatkan sebuah notifikasi yang menyatakan akun WhatsApp (WA) mililknya akan kembali dalam waktu 18 jam ke depan.

"WhatsApp itu secara automatic menginformasikan di handphone saya, bahwa saya masih ada waktu 18 jam lagi saya bisa mengakses dan menghidupkan WhatsApp saya,. Saya tunggu, saya harus tetap bersabar 18 jam lagi. Moga-moga semesta membimbing, memberikan hak hidup WhatsApp saya," sambungnya.

Dengan hitungan waktu 18 jam, maka Butet memperkirakan dirinya bisa kembali memperoleh kendali atas akun WhatsApp miliknya Minggu (9/12/2023) dini hari nanti.

"Nanti tengah malam, jam tiga dini hari nanti konon akan bisa dihidupkan lagi, konon. Aku yo durung reti kok (saya juga belum tahu kok)," ujarnya.

 

Baca Juga: Cerita Butet Kartaredjasa Merasa Diintimidasi saat Pentas Seni

3. Minta bantuan ahli IT

Ponsel Butet Kartaredjasa Dilumpuhkan Tak Bisa Dipakai BerkomunikasiButet Kartaredjasa dalam jumpa pers pelaksanaan FKY 2023. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Setelah kejadian itu, Butet mengaku meminta bantuan rekan-rekannya ahli IT serta tim siber Polda DIY. Ia juga memastikan tak akan membuat laporan ke polisi soal dugaan peretasan.

"Enggak, tidak ada yang perlu saya laporkan, saya cuma menceritakan ke publik saja apa yang terjadi pada saya," katanya.

 

4. Enggan mengaitkan dengan peristiwa di TIM

Ponsel Butet Kartaredjasa Dilumpuhkan Tak Bisa Dipakai BerkomunikasiSeniman Butet Kartaredjasa. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Butet enggan menduga-duga peristiwa yang dialaminya berkaitan dengan dugaan intimidasi yang diterimanya saat pentas teater berjudul Musuh Bebuyutan di Taman Ismail Marzuki beberapa waktu lalu.

"Ya enggak tahu lah, duduk urusanku (bukan urusan saya)," ungkap kakak mendiang Djaduk Ferianto tersebut.

Baca Juga: Butet Mengaku Sedih Gibran Dampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya