Gerakan Pemuda Ka'bah Dukung Anies di Pilpres 2024

GPK berdiri sendiri, tak ikut PPP dukung Ganjar

Bantul, IDN Times - Gerakan Pemuda Ka'bah (GPK) di bawah kepemimpinan Tommy Adrian Firman mendeklarasikan dukungannya di Pilpres 2024 untuk Anies Baswedan.

Deklarasi dukungan untuk bakal calon presiden (capres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) digelar di Museum Wayang Kekayon, Banguntapan, Bantul, DI Yogyakarta, Minggu (13/8/2023). Anies bersama pendukungnya dari berbagai elemen juga hadir dalam acara itu.

"Insyaallah Pak Anies Baswedan menjadi presiden Republik Indonesia 2024-2029," kata Tommy Adrian selaku Ketua Umum PP GPK.

1. Klaim dukungan GPK di 30 provinsi

Gerakan Pemuda Ka'bah Dukung Anies di Pilpres 2024Anies Baswedan melakukan ziarah ke Makam Raja Mataram Islam di Dusun Sayangan, Jagalan, Banguntapan, Bantul, Minggu (13/8/2028) (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Tommy menyebut dukungan untuk Anies datang dari seluruh kepengurusan GPK yang ada di Indonesia. Klaim dia, totalnya tersebar di 30 provinsi se-Tanah Air.

"GPK seluruh Indonesia yang mendukung Pak Anies," kata Tommy.

2. GPK berdiri sendiri

Gerakan Pemuda Ka'bah Dukung Anies di Pilpres 2024Gerakan Pemuda Ka'bah (GPK) mendeklarasikan dukungannya di Pilpres 2024 untuk Anies Baswedan. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

GPK selama ini dikenal sebagai organisasi sayap PPP, salah satu parpol pendukung capres PDIP Ganjar Pranowo.

Namun, Tommy menegaskan jika GPK yang mendeklarasikan dukungan buat Anies tak terafiliasi dengan parpol mana pun. Pihaknya pun juga tak takut jika langkah ini bakal menyudutkan mereka kelak, karena keputusan mendukung Anies merupakan pilihan sejak awal.

"Kami GPK sendiri. Kita tidak akan pernah takut (ditegur) oleh siapa pun karena niat awal kita dari awal adalah mendukung Pak Anies presiden 2024–2029," tegas Tommy.

3. Dukungan moril buat Anies

Gerakan Pemuda Ka'bah Dukung Anies di Pilpres 2024Bacapres Anies Baswedan di Museum Wayang Kekayon, Banguntapan, Bantul, Minggu (13/8/2023). (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Sedangkan Anies melihat deklarasi GPK ini adalah bentuk dukungan moril buatnya. Ia menerimanya sebagai amanah yang akan diemban lewat perjuangan ke depan.

"Mereka (GPK) memiliki sejarah panjang dan terlibat di dalam berbagai kegiatan sosial, kegiatan politik dan memiliki jaringan yang sangat luas. Karena itu dukungan dari GPK itu merupakan dukungan yang sangat bermakna," kata Anies.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya