Format Debat Capres Bakal Diubah, Ganjar: Model Apapun Siap

Pede dengan kemampuan Mahfud MD

Sleman, IDN Times - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, menyatakan ia dan calon wakil presiden pasangannya, Mahfud MD, siap mengikuti debat Pilpres 2024 dengan model atau format apapun. Pernyataan Ganjar merespon adanya usulan atau wacana perubahan format debat yang bakal memakai podium.

"Walah pakai apa aja siap. Ganjar-Mahfud debat model apapun siap," kata Ganjar di SGPC Bu Wiryo, Sleman, Minggu (17/12/2023). "Debat tinggal debat aja kok. Apanya yg direpotkan?" sambungnya.

1. Pede penampilan Mahfud

Format Debat Capres Bakal Diubah, Ganjar: Model Apapun SiapCapres Ganjar Pranowo saat mengikuti kirab Nitilaku di UGM, Sleman, Minggu (17/12/2023). (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Ganjar pun terdengar optimistis akan penampilan Mahfud MD saat debat cawapres pada 22 Desember 2023 besok. Dia menyebut Mahfud sebagai sosok berpengalaman.

"Pak Mahfud profesor doktor punya pengalaman. Insya allah," kata Ganjar.

2. Mahfud klaim tak ada persiapan

Format Debat Capres Bakal Diubah, Ganjar: Model Apapun SiapCawapres nomor urut 3 Mahfud MD bercerita situasi rapat kabinet memasuki pemilu 2024. (IDN Times/Amir Faisol)

Mahfud MD sendiri mengatakan telah siap untuk berdebat dengan Gibran Rakabuming Raka dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin pada 22 Desember 2024. Menko Polhukam ini juga mengakui, dalam debat Pilpres putaran kedua itu dirinya tidak memiliki persiapan yang khusus. Bahkan, Mahfud menganggap debat ini merupakan hal yang biasa.

"Debat itu biasa saja, saya siap debat. Dan saya tidak mempersiapkan materi," ujarnya usai mengunjungi Pondok Pesantren Sirnamiskin di Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (16/12/2023).

Mahfud menambahkan, debat pada dasarnya merupakan bahan uji pengetahuan dari masing-masing peserta Pilpres 2024. Sehingga bila ada persiapan, dia menyebutkan hal tersebut seolah mirip dengan sandiwara.

"Ya sudah saya datang saja. Jadi debat itu berdasarkan pengetahuan yang sudah ada. Bukan karena persiapan yang seperti sandiwara," ucap Mahfud.

Baca Juga: AHY Meyakini Saat Debat Prabowo Bisa Jelaskan Gagasan dengan Baik 

3. Tema ekonomi hingga perkotaan

Format Debat Capres Bakal Diubah, Ganjar: Model Apapun SiapGanjar Pranowo saat debat perdana capres 2024 di kantor KPU RI, Selasa (12/12/2023) (IDN Times/Istimewa)

Adapun debat perdana cawapres pada 22 Desember 2023 mendatang bakal mengangkat tema Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan perkotaan.

Di saat bersamaan, KPU juga membuka peluang mengubah format debat dengan menyediakan podium dalam debat calon presiden selanjutnya.

Baca Juga: Tantangan Kampanye di Medsos, Dana Tak Transparan hingga Buzzer

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya