Faldo Maldini Tepis Anggapan Dukungan Jokowi ke Ketua PSSI Iwan Bule  

Faldo: pemerintah akan taat pada statuta FIFA

Sleman, IDN Times - Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Faldo Maldini menegaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Mensesneg Pratikno tak pernah menyampaikan dukungan kepada Mochamad Iriawan alias Iwan Bule untuk terus menjadi Ketua Umum PSSI. Politikus PSI itu memastikan pemerintah taat pada statuta FIFA.

1. Bantah mendukung Iwan Bule tetap menjabat sebagai Ketua PSSI

Faldo Maldini Tepis Anggapan Dukungan Jokowi ke Ketua PSSI Iwan Bule  Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kiri) mengunjungi stadion Mandala Krida Yogyakarta. (IDN TImes/Tunggul Kumoro)

Faldo tak memungkiri Pratikno dan Iwan Bule pernah duduk bersama dalam suatu pertemuan. Walaupun tak mengetahui detail lokasi dan waktunya, ia menekankan Mensesneg tak pernah menyampaikan harapannya maupun pesan dari Jokowi untuk mendukung Iwan Bule tetap di posisinya saat ini.

"Pertemuan ada, tapi gak ada soal dukung-mendukung," kata Faldo ditemui di UGM, Sleman, Jumat (28/10/2022).

Dia menambahkan, pemerintah mematuhi statuta FIFA yang melarang adanya intervensi dan ikut campur kepada PSSI sebagai induk sepak bola tertinggi di Tanah Air. "Kita menghormati statuta FIFA juga, jadi ya itulah. Posisi kita begitu," ucap Faldo.

2. Inti pertemuan Pratikno dan Iwan Bule

Faldo Maldini Tepis Anggapan Dukungan Jokowi ke Ketua PSSI Iwan Bule  Menteri Sekretaris Negara, Pratikno (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Lalu, apa yang sebenarnya yang menjadi bahasan Pratikno dan Iwan Bule saat itu? Faldo mengungkap pertemuan itu membahas transformasi sepa kbola nasional.

"Transformasi dan reformasi sepak bola, ada maupun tidak ada (tragedi) Kanjuruhan kejadian itu harus dilakukan. Kita harus terus memperbaiki kualitas sepak bola kita.Jadi itu pesan utama yang disampaikan Pak Presiden yang juga disampaikan Pak Pratikno," jelas Faldo.

Baca Juga: PSS Sleman Tetap Lakukan Uji Coba Tanding Meski Kompetisi Dihentikan 

3. Makna transformasi sepak bola

Faldo Maldini Tepis Anggapan Dukungan Jokowi ke Ketua PSSI Iwan Bule  Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Faldo Maldini di UGM, Jumat (28/10/2022).IDNTimes/Tunggul Damarjati

Faldo melanjutkan, transformasi sepak bola yang diimpikan pemerintah sudah pernah disampaikan Jokowi sebelumnya, yaitu ada tim khusus yang menangani agenda besar ini.

"Jadi ya kita pengin kualitas sepak bola itu keren, gitu lho. Dan kita kan punya kecintaan yang sama nih sama sepak bola, ya sudah kita perbaiki bareng-bareng," imbuh Faldo.

Sebelumnya, tersiar kabar bahwa Iwan Bule mendapat dukungan dari Presiden Jokowi agar tetap menjadi Ketua Umum PSSI usai bertemu Pratikno. Terkait benar atau tidanya klaim itu, Faldo menekankan bahwa pemerintah tetap berada di posisinya.

"Ya yang jelas kita sudah menyampaikan, kita taat sama peraturan (statuta FIFA)," pungkasnya.

Baca Juga: PSIM Dukung Pembentukan Tim Transformasi Sepak Bola Indonesia

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya