Ini Sosok Presiden RI 2024 Harapan Seniman Yogyakarta‎

Slamet Raharjo berharap Mahfud MD jadi cawapres Ganjar‎ 

Bantul, IDN Times - ‎Bacapres Ganjar Pranowo bersama dengan sejumlah seniman Yogyakarta mulai dari Marwoto Kawer, Susilo Nugroho alias Den Baguse Ngarso, hingga Ndarboy, bersantap malam di rumah Butet Kartaredjasa di Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul pada Senin (16/10/2023) malam.

Perbincangan yang santai dan penuh dengan gelak tawa tak menyurutkan keinginan dari para seniman untuk menyampaikan harapan soal sosok Presiden RI yang mereka inginkan.

1. Sosok Presiden RI 2024 bukan kelahiran Jogja namun tinggal lama di Jogja‎

Ini Sosok Presiden RI 2024 Harapan Seniman Yogyakarta‎Bacapres PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo. (IDN Times/Daruwaskita)

Susilo Nugroho alias Den Baguse Ngarso mengawali perbincangan lewat teori gotak-gatik-gatuk (mencari kecocokan) miliknya. Bahwa seluruh presiden Indonesia ada kaitannya dengan Yogyakarta.

Yang lahir di Yogyakarta ada Soeharto dan Megawati, namun menurutnya keduanya tidak pas. Yang satu kelamaan berkuasa, yang satunya lagi terlalu sebentar. 

"Berarti yang cocok adalah yang lama di Jogja tapi tidak lahir di Jogja. Syukur jika istrinya lama di Jogja. Itu kemungkinannya," ujarnya.

2. Presiden RI 2024 terpilih adalah sosok pemimpin yang peduli terhadap budaya

Ini Sosok Presiden RI 2024 Harapan Seniman Yogyakarta‎Bacapres PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo. (IDN Times/Daruwaskita)

Kemungkinan yang kedua, lanjut Den Baguse Ngarso, adalah pemimpin nasional yang peduli terhadap budaya.

"Sehingga saya singkat saja (presiden), pertama yang saya harapkan lama tinggal di Jogja tapi tidak lahir di Jogja dan kedua peduli pada budaya," tandasnya.

"Siapa pun yang peduli budaya, maka diganjar kekuatan, diganjar kesehatan dan diganjar kesempatan untuk memimpin. Semuanya itu tergantung pada 'di Ganjar' bukan di Marwoto, bukan di Butet," tambah Den Baguse Ngarso disambut gelak tawa seniman lainnya.

Baca Juga: Ganjar Ngaku Kangen Masakan di Rumah Butet Kartaredjasa

3. Berharap Mahfud MD bisa mendampingi Ganjar Pranowo‎

Ini Sosok Presiden RI 2024 Harapan Seniman Yogyakarta‎Bacapres PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo. (IDN Times/Daruwaskita)

Sementara, seniman Marwoto Kawer berharap jika kelak Ganjar terpilih, ada syukuran dengan menggelar kesenian teater, wayang dan ketoprak. "Tapi tak usulkan mas Butet ndak ikut," katanya sambil tertawa.

Sedangkan seniman Slamet Raharjo secara lugas menginginkan siapa pendamping Ganjar Pranowo yang tak lain Mahfud MD. "Ini kan keinginan yang disampaikan supaya didoakan," katanya.

Senada dengan Slamet Raharjo, Butet menginginkan pendamping Ganjar adalah sosok yang satu pekan lalu datang ke rumahnya dan duduk di tempat yang diduduki Ganjar saat ini.

"Seminggu lalu, Insya Allah yang seminggu lalu duduk di sini (Mahfud MD) bisa mendampingi Ganjar. Doanya orang yang jarang berdoa pasti didengar Tuhan karena tidak pernah merepotkan Gusti Allah," katanya.‎

Baca Juga: Ganjar Pranowo Angkat Bicara tentang Putusan Mahkamah Konstitusi

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya