Forum Rektor PTMA Yakin Pilpres 2024 Bakal Berlangsung 2 Putaran

Hasil survei perolehan suara paslon tertinggi 41 persen

Bantul, IDN Times - Forum Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (FR-PTMA) menyatakan bahwa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada 14 Februari mendatang tidak akan berlangsung dalam satu putaran, melainkan akan dilakukan dalam dua putaran. Hal tersebut diprediksi berdasarkan hasil survei yang sudah dilakukan FR-PTMA.

1. Perolehan suara paslon paling tinggi hanya 41 persen

Forum Rektor PTMA Yakin Pilpres 2024 Bakal Berlangsung 2 PutaranRektor UMY Gunawan Budiyanto. (IDN Times/Daruwaskita)

Ketua FR-PTMA, Gunawan Budiyanto, menyatakan bahwa berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh FR-PTMA, data menunjukkan bahwa perolehan suara pasangan calon (paslon) presiden-wakil presiden tertinggi hanya mencapai 41 persen. Oleh karena itu, Pilpres 2024 berpotensi besar akan berlangsung dalam dua putaran.

"Kalau dalam survei yang kita lakukan cukup berbeda jauh dengan sejumlah lembaga survei lainnya yang perolehan suara salah satu paslon capres-cawapres bahkan dalam kisaran 45-48 persen," ucapnya di Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Jumat (2/2/2024). "Yang jelas survei yang kita lakukan dengan biaya sendiri," tambahnya.

2. FR-PTMA bakal gelar exit poll dan quick count Pilpres

Forum Rektor PTMA Yakin Pilpres 2024 Bakal Berlangsung 2 Putaranilustrasi survei (IDN Times/Aditya Pratama)

Selain melaksanakan survei perolehan suara paslon, FR-PTMA juga akan menyelenggarakan exit poll dan quick count untuk memantau perolehan suara paslon pada Pilpres 2024.

"Exit poll dan quick count perolehan suara paslon capres-cawapres ini juga bisa untuk menjadi opini kedua bahkan opini kesepuluh terkait perolehan suara paslon capres-cawapres dan juga saling bahu membahu untuk saling mengawasi jalannya pemilu," terang Gunawan yang juga Rektor UMY ini.

Baca Juga: Sivitas Akademika UII Nyatakan Sikap: Indonesia Darurat Kenegarawanan

3. FR-PTMA berkomitmen agar pemilu berlangsung luber, jujur, adil dan bermartabat

Forum Rektor PTMA Yakin Pilpres 2024 Bakal Berlangsung 2 PutaranForum Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (FRPTMA). (IDN Times/Daruwaskita)

Gunawan menegaskan bahwa seluruh pimpinan perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah merasa berkepentingan dan berkomitmen agar pemilu berlangsung secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, dan bermartabat.

"PTMA yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia juga akan menerjunkan mahasiswanya untuk turut serta menjadi pengawas pemilu. Agar pelaksanaan pemilu jauh dari kecurangan-kecurangan," tandasnya. 

Baca Juga: UGM Minta Presiden Jokowi Tidak Partisan pada Paslon 

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya