Akun yang Hina Ibu Negara Iriana Diduga Milik Warga Bantul

Polres Bantul belum menerima laporan pencemaran nama baik

Bantul, IDN Times - ‎Akun Twitter @KoprofilJati sempat mengunggah foto Ibu Negara Iriana Jokowi bersama dengan Ibu Negara Korea Selatan, Kim Keon Hee. Foto tersebut diberi narasi percakapan antara majikan dan asisten rumah tangga. Hal ini sontak membuat gaduh media sosial. 

Meski telah dihapus oleh pemilik akun, unggahan itu pun mendapatkan respons dari warganet hingga viral. Bahkan, kedua putra Presiden Joko Widodo ikut merespons unggahan yang dianggap merendahkan ibunya.

1. Polres Bantul telurusi alamat pemilik akun @KoprofilJati

Akun yang Hina Ibu Negara Iriana Diduga Milik Warga BantulIptu I Nengah Jeffry (kiri).(IDN Times/Daruwaskita)

Atas kegaduhan di dunia maya tersebut, polisi pun melakukan penelusuran. Berdasarkan hasil penelusuran Polres Bantul, pemilik akun @KoprofilJati diduga merupakan warga Kabupaten Bantul yang tinggal di Kapanewon Kasihan.

"Ya memang benar ada kegaduan di media sosial twitter dan viral terkait adanya dugaan penghinaan kepada ibu negara yang dilakukan oleh akun @KoprofilJati yang diduga warga Kasihan Bantul," kata Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry, Jumat (18/11/2022).

Baca Juga: Iriana Diolok-olok Netizen, Kaesang Membalas: Aku Disuruh Sabar

2. Belum ada laporan polisi terkait unggahan @KoprofilJati yang diduga hina ibu negara

Akun yang Hina Ibu Negara Iriana Diduga Milik Warga BantulIlustrasi pelaporan ke polisi.(IDN Times/Daruwaskita)

Meski viral dan banyak warganet yang menuntut agar kasus tersebut dibawa ke ranah hukum, Jeffry mengatakan pihaknya belum mendapatkan adanya pihak yang melapor terkait dugaan penghinaan kepada ibu negara hingga Jumat sore.

"Kita belum dapat mendapatkan laporan Pasal 310 KUHP tentang pencemaran nama baik," ujarnya. "Kita cek sampai sore tadi belum ada LP terkait pencemaran nama baik."

3. Masyarakat diminta lebih bijak bermedia sosial‎

Akun yang Hina Ibu Negara Iriana Diduga Milik Warga BantulIlustrasi Phone Holder (IDN Times/Mardya Shakti)

Dalam kesempatan tersebut, Jeffry mengimbau kepada masyarakat untuk lebih hati-hati dan bijak dalam bermedia sosial. Jangan sampai membuat gaduh karena bisa berakhir ke ranah hukum jika ada pihak yang tidak terima.

"Bijaklah dalam bermedia sodia khususnya dalam berkomentar," tandasnya.‎

Baca Juga: Kaesang dan Gibran Cecar Netizen yang Hina Ibu Negara Iriana di Medsos

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya