Warga Indonesia Terus Kucurkan Bantuan untuk Palestina

Yayasan Donasiku Peduli Sesama salurkan bantuan ke Palestina

Intinya Sih...

  • Yayasan Donasiku Peduli Sesama salurkan bantuan kesehatan dan pangan ke Palestina, fokus pada anak-anak dan lansia.
  • Bantuan kesehatan mencakup obat-obatan, alat medis, peralatan kesehatan, serta nutrisi khusus untuk anak-anak yang mengalami malnutrisi.
  • Yayasan juga memberikan dukungan pendidikan, psikososial, dan tempat penampungan sementara bagi keluarga yang kehilangan tempat tinggal akibat konflik di Palestina.

Yogyakarta, IDN Times - Dukungan kepada Palestina terus mengalir, tidak hanya dari pemerintah, tetapi juga dari pihak swasta dan yayasan. Salah satu yayasan yang aktif dalam hal ini adalah Yayasan Donasiku Peduli Sesama, yang fokus pada berbagai isu sosial, kesehatan, dan persoalan lainnya.

Ketua Yayasan Donasiku Peduli Sesama, Gunawan Wicahyono, mengungkapkan bahwa bantuan untuk Palestina mencakup sektor kesehatan, pendidikan, hingga pendampingan psikologis.

1. Bantu dari sisi kesehatan dan pemenuhan kebutuhan korban di Palestina

Warga Indonesia Terus Kucurkan Bantuan untuk Palestinailustrasi perawatan intensif di rumah sakit (IDN Times/Agung Sedana)

Dari sisi kesehatan, Donasiku membantu menyediakan obat-obatan, alat medis, dan peralatan kesehatan untuk rumah sakit dan klinik di Palestina. "Membantu biaya pengobatan dan perawatan bagi warga yang terluka atau sakit, terutama anak-anak dan lansia," ujar Gunawan, Sabtu (29/6/2024).

Kemudian, Yayasan Donasiku juga memberikan dukungan pangan serta kebutuhan pokok. Bantuan diberikan pada keluarga yang terdampak konflik. Anak-anak juga jadi perhatian khusus mereka.

"Kami memberikan bantuan nutrisi khusus untuk anak-anak yang mengalami malnutrisi," ucap Gunawan.

2. Pendidikan hingga psikososial anak di Palestina

Warga Indonesia Terus Kucurkan Bantuan untuk PalestinaIlustrasi Pelajar. IDN Times/Mardya Shakti

Pendidikan dan psikososial anak-anak turut menjadi perhatian Donasiku. Dukungan dalam dunia pendidikan, mereka menyalurkan buku, alat tulis, hingga perlengkapan sekolah. "Memberikan beasiswa untuk siswa yang berprestasi namun kurang mampu," tambah Gunawan.

Yayasan Donasiku Peduli Sesama juga menyediakan dukungan psikososial, bagi anak-anak dan keluarga yang mengalami trauma akibat konflik. "Mendirikan tempat penampungan sementara untuk keluarga yang kehilangan tempat tinggal," kata Gunawan.

Baca Juga: Telkom Kembangkan Data Center di Daerah, Cyber Security Jadi Fokus

3. Berbagai dukungan dan latar belakang lahirnya Yayasan

Warga Indonesia Terus Kucurkan Bantuan untuk PalestinaPenyaluran bantuan untuk masyarakat. (Dok. Istimewa)

Gunawan juga menyebut selama ini Yayasan Donasiku Peduli Sesama membantu masyarakat di Indonesia. Seperti halnya pemberdayaan ekonomi, dengan memberi pelatihan dan modal usaha kepada masyarakat kurang mampu untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi mereka. Selain itu, bantuan untuk tempat ibadah hingga kondisi darurat, dan berbagai dukungan lainnya kerap dilakukan Yayasan Donasiku Peduli.

"Yayasan Donasi muncul dari keprihatinan terhadap banyaknya individu dan komunitas yang membutuhkan bantuan namun tidak memiliki akses yang memadai untuk mendapatkannya. Inspirasi ini diperoleh dari melihat berbagai kasus kemiskinan, bencana alam, dan ketidakadilan sosial yang terjadi di sekitar kita. Yayasan ini didirikan dengan tujuan untuk menjadi jembatan antara para donatur yang ingin berbagi kebaikan dengan mereka yang membutuhkan bantuan," ungkapnya.

Baca Juga: Sleman Bangun Rumah Pangan B2SA, Bantu Gizi ibu Hamil dan Anak 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya