PT KAI Minta Maaf Perjalanan KA Daop 6 Terdampak Banjir Semarang

Sejumlah kereta terlambat hingga batal jalan

Yogyakarta, IDN Times - Banjir yang terjadi di wilayah Semarang, Jawa Tengah berimbas pada sejumlah perjalanan kereta api di wilayah KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta. Sejumlah kereta api mengalami keterlambatan hingga dibatalkan perjalanannya.

Dampak banjir di wilayah Semarang tepatnya terjadi di Petak Jalan Semarang Tawang - Alastua, Petak Jalan Semarang Tawang - Semarang Poncol, dan Petak Jalan Mangkang - Kaliwungu, berimbas pada perjalanan kereta api. Jalur KA pada tiga titik tersebut tergenang air sejak Kamis dini hari dengan ketinggian lebih dari 10 cm di atas kop rel sehingga tidak memungkinkan untuk dilewati.

"Akibat peristiwa tersebut Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng saat ini tidak dapat melayani naik dan turun penumpang sampai dengan kondisi banjir teratasi. Kejadian tersebut juga berdampak pada KA-KA yang melewati Daop 6 dan mengarah ke tujuan Semarang," ujar Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, Kamis (14/3/2024).

1. Beberapa perjalanan kereta dibatalkan

PT KAI Minta Maaf Perjalanan KA Daop 6 Terdampak Banjir SemarangPotret kereta api (unsplash.com/fhry)

Daop 6 Yogyakarta melaporkan imbas banjir Semarang mengakibatkan pembatalan beberapa perjalanan KA Daop 6, yaitu KA 161 (Joglo Semarkerto) relasi Solo Balapan-Tegal, KA 162 (Joglo Semarkerto) relasi Tegal-Solo Balapan juga dibatalkan.

"KA 207F (KA Banyu Biru) relasi Solo Balapan-Semarang Tawang, dan KA 210F (KA Banyu Biru) relasi Semarang Tawang-Solo Balapan juga dibatalkan," kata Krisbiyantoro.

2. Sejumlah kereta api mengalami keterlambatan

PT KAI Minta Maaf Perjalanan KA Daop 6 Terdampak Banjir SemarangIlustrasi penumpang kereta api. (Dok. Istimewa)

Bagi pelanggan yang perjalanannya terkena keterlambatan dan pembatalan, PT KAI memberikan kompensasi sesuai regulasi yang berlaku berupa service recovery dan pengembalian tiket hingga 100 persen, namun tidak termasuk biaya pesan. 

"Proses pembatalan dapat dilakukan hingga tujuh hari setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket. Untuk syarat dan detail ketentuan selengkapnya, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121," terang Krisbiyantoro. 

Baca Juga: 7 Tempat Makan Murah sekitar Stasiun Tugu Jogja Harga Mulai Rp3 Ribuan

3. Petugas mengupayakan perjalanan kembali normal

PT KAI Minta Maaf Perjalanan KA Daop 6 Terdampak Banjir SemarangPetugas KAI Daop 4 Semarang saat mengerjakan pencopotan bantalan rel kereta api untuk diperbaiki. (IDN Times/Fariz Fardianto)

PT KAI Daop 6 Yogyakarta juga memohon maaf atas ketidaknyamanan pelanggan. "Kami atas nama manajemen dan seluruh jajaran KAI memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan. Saat ini petugas KAI terus berupaya secara maksimal agar seluruh perjalanan KA dapat kembali normal," ujar Krisbiyantoro.

Baca Juga: Sejarah Stasiun Lempuyangan, Stasiun Kereta Tertua di Jogja

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya